Penerapan teknologi informasi berbasis e-government terhadap kualitas pelayanan Balai Latihan Kerja Industri (unit pelaksana teknis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten)
Judul Skripsi : “Penerapan Teknologi Informasi Berbasis E-Government
Terhadap Kualitas Pelayanan Balai Latihan Kerja Industri (Unit Pelaksana Teknis
Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Banten)”. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 150 responden, teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini yang digunakan adalah Nonprobability Sampling yaitu teknik
pengambilan sampel yang tidak memberi peluang / kesempatan sama bagi setiap
unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Dalam penelitian ini,
metode yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan dua cara yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan, dengan
cara observasi, wawancara, kuesioner atau angket. Sebelum data digunakan dalam
penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, setelah data
diketahui valid dan reliabel, maka data disebar untuk penelitian, kemudian hasil
yang diperoleh dianalisis secara manual dan menggunakan program SPSS for
windows versi 25.0 dengan menggunakan metode Pearson Product Moment dan
kemudian dilanjutkan dengan pengujian regresi. Hipotesis yang peneliti ajukan
yaitu, “Terdapat Pengaruh Positif dan Signifikan antara Penerapan E-Government
Terhadap Kualitas PelayananPada Bala i Latihan Kerja Industri Banten”. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut, Hasil penelitian
menunjukan bahwa Penerapan E-Government memiliki nilai yaitu sebesar 78%
dari kriteria yang ditetapkan, Tingkat Kualitas Pelayanan pada Balai Latihan
Kerja Industri Banten yaitu sebesar 76% dari kriteria yang di tetapkan, Terdapat
hubungan yang kuat antara Penerapan E-Government terhadap Kualitas Pelayanan
pada Balai Latihan Kerja Industri Banten, yang di tunjukan dengan r = 0,690. Jika
di interpretasikan menurut Sugiyono (2018:148) bahwa “ Interval Koefisien 0,60
– 0,799 Termasuk pada kategori Kuat”. Dan koefisien determinasi (r²) = 47,6%.
Peneliti menyimpulkan bahwa Penerapan E-Government memberikan pengaruh
kepaada Kualitas Pelayanan sebesar 47,6% dan sisanya 52,4% dipengaruhi oleh
faktor lain, Dengan demikian, sesuai dalam hitungan hipotesis statistik jika nilai
(11,595) > (1,976), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa : “Terdapat
Pengaruh Positif dan Signifikan antara Penerapan E-Government Terhadap
Kualitas Pelayanan Pada Balai Latihan Kerja Industri Banten”.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Agit Riyanto 1601010055 |
Pengarang |
Agit Riyanto - Personal Name Agus Iwan Mulyanto - Personal Name Pri Utami - Personal Name Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name Irvan Arif Kurniawan - Personal Name Eko Prasetyo - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2005505 AGI p |
Subyek |
Kualitas Pelayanan Penerapan E-Government BLKI Banten
|
Klasifikasi |
AN2005505 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiv + 141 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Agus Iwan Mulyanto 0424086103 / Pembimbing 2 : Pri Utami 0405056806 / Penguji 1 : Dafyar Eliadi Hardian / Penguji 2 : Irvan Arif Kurniawan/ Penguji 3 : Eko Prasetyo3 |