Kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang (Studi Kasus Layanan Perekaman KTP-EL Di Mall TangCity)
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN
PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG
(STUDI KASUS LAYANAN PEREKAMAN KTP-EL
DI MALL TANGCITY)
Mirwansyah Zebua
wawan99zebua@gmail.com
Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan serta
keberlangsungan penyediaan data kependudukan secara nasional, pemerintah
bertanggung jawab dalam menyediakan data kependudukan yang akurat dan
terkini. Diharapkan aparat pemerintah diseluruh Indonesia dapat melaksanakan
pelayanan publik dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas
pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Tangerang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi., wawancara, dan
dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Tangerang sudah tergolong baik. Dan kualitas pelayanan
yang disediakan sangat memudahkan konsumen dalam melakukan pembuatan
KTP-el. Namun, dalam penyelenggaraan pelayanan publik masih ada beberapa
faktor yang menghambat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan sipil Kota Tangerang adalah pencetakan KTP-el masih menjadi
kewenangan pusat dan daerah belum diberi kewenangan untuk mencetak KTP-el
sendiri sehingga proses pendistribusian KTP-el harus menunggu dari pusat.
Pegawai juga belum disiplin dilihat dari masih ada pegawai yang datang tidak
tepat pada waktunya. Dan dalam perekaman KTP-el, hanya dilayani seminggu
sekali sehingga mengakibatkan antrian yang banyak setiap pelayanannya. Hal
inilah yang menghambat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Tangerang.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, KTP-el
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Mirwansyah Zebua 1601010039 |
Pengarang |
Mirwansyah Zebua - Personal Name Suhifatullah - Personal Name Nanan Sujana - Personal Name Ahmad Murodi - Personal Name Ibrahim Rantau - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2003905 MIR k |
Subyek |
Pelayanan Publik KTP-EL
|
Klasifikasi |
AN2003905 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 77 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 :Suhifatullah 0411066002 / Pembimbing 2 :Ibrahim Rantau 0425108102 / Penguji 1 : Nanan Sujana / Penguji 2 : Ahmad Murodi / Penguji 3 : Ibrahim Rantau 0425108102 |