Model budaya organisasi terhadap pelayanan masyarakat pada Kantor Urusan Agama (Studi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang)
Model Budaya Organisasi Terhadap Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Urusan
Agama (Studi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasarkemis Kabupaten
Tangerang), Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pasarkemis merupakan salah
satu institusi pemerintah yang memberikan pelayanan nikah kepada masyarakat,
khususnya yang beragama Islam. Sebagai sebuah institusi, KUA Pasarkemis
memiliki budaya tertentu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) budaya organisasi yang diterapkan
terhadap pegawai KUA Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang; dan (2)
faktor-faktor yang melandasi berjalannya budaya organisasi pada pegawai KUA
Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata,
bukan berupa angka. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang
ditunjukkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena
yang ada, baik fenomena alamiah maupun rekayasa manusia, karena penelitian ini
bertujuan untuk memperjelas keadaan subjek yang akan diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
menarik kesimpulan bahwa: (1) Budaya organisasi dalam pelayanan publik
ditinjau dari 5 (lima) dimensi budaya organisasi dalam penelitian ini yaitu: a.
Inovasi; b. perhatian kepada kerincian; c. Orientasi Hasil; d. Orientasi Orang; dan
e. Orientasi Tim. (2) Nilai-nilai budaya organisasi telah dijadikan sebagai
pedoman bersama dalam melaksanakan tugas pelayanan publik maka pelayanan
publik yang menekankan efektivitas, sederhana, kejelasan, keterbukaan, dan
ketepatan waktu tidak dapat tercapai secara optimal sehingga tujuan pelayanan
publik pada pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasarkemis Kabupaten
Tangerang tidak tercapai dengan optimal.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Adinda Bella Avini 1601010021 |
Pengarang |
Adinda Bella Avini - Personal Name Nanan Sujana - Personal Name Refly Badar - Personal Name Agus Iwan Mulyanto - Personal Name TB. Yudi Muhtadi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2002105 ADI m |
Subyek |
Budaya Organisasi Agama
|
Klasifikasi |
AN2002105 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
ix + 93 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Nanan Sujana 0404046003 / Pembimbing 2 : Refly Badar 8816070018 / Penguji 1 : Refly Badar 8816070018 / Penguji 2 : TB Yudi Muhtadi 0408046903 / Penguji 3 : Agus Iwan Mulyanto 0424086103 |