Penerapan pelayanan administrasi terpadu Kecamatan (paten) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamata Kelapa Dua Kabupaten Tangerang
Juniyarti Firmaningsih. 1601010006. Penerapan Pelayanan Administrasi
Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di
Kantor Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Skripsi. Program Studi
Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Islam Syekh-Yusuf, Tangerang, 2020.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan
Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam Meningkatkan
Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten
Tangerang. Aspek yang dibahas mengenai penerapan Pelayanan Administrasi
Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di
kantor Kecamatan Kelapa Dua yaitu penerapan PATEN dalam meningkatkan
kualitas pelayanan publik, faktor pendukung penerapan PATEN dalam
meningkatkan kualitas pelayanan publik, faktor penghambat penerapan PATEN
dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan solusi yang dilakukan untuk
menangani hambatan penerapan PATEN dalam meningkatkan kualitas pelayanan
publik.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di
Kantor Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang dengan subyek penelitian
adalah Camat, Sekcam, Kasi Pelayanan, Pegawai PATEN dan warga. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data kualitatif dilakukan secara terus menerus sampai tuntas
hingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data kualitatif menggunakan
interactive model yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data
reduction), penyajian data (data display), dan gambaran kesimpulan (conclusion
drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pelayanan Administrasi
Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di
Kantor Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang yaitu: 1) penerapan PATEN
di Kantor Kecamatan Kelapa Dua sudah di terapkan secara optimal oleh seluruh
lapisan hal ini terlihat dari sarana dan prasarana PATEN yang memadai serta
petugas PATEN memberikan pelayanan sesuai dengan SOP, dalam mendukung
kualitas pelayanan publik kantor Kecamatan Kelapa Dua mempunyai program
unggulan selain dari adanya inovasi layanan di hari sabtu yaitu program Sistem
Layanan Ijin dan Layanan Informasi (Silili), 2) Faktor pendukung meliputi
anggaran yang sudah dianggarkan oleh Kabupaten untuk keperluan PATEN,
kompetensi sumber daya manusia serta adanya Standar Operasional Prosedur
(SOP) yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai serta ruang pelayanan
yang nyaman. 3) faktor penghambat yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang
tersedia masih kurang dan perlu penempatan-penempatan pegawai yang memiliki
komptensi yang baik, serta masih terbatasnya pelimpahan wewenangan dari
Bupati kepada Camat terkait pengelolaan administrasi kependudukan, 4) solusi
yang dilakukan untuk menangani hambatan yaitu melakukan koordinasi dengan
bagian terkait guna kelancaran pemberian pelayanan kepada masyarakat.
Kata Kunci: Implementasi, PATEN dan Kualitas Pelayanan Publik
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Juniyarti Firmaningsih 1601010006 |
Pengarang |
Juniyarti Firmaningsih - Personal Name Seno Santoso - Personal Name Nanan Sujana - Personal Name Ahmad Murodi - Personal Name Ibrahim Rantau - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
REF AN2000605 JUN p |
Subyek |
Kualitas Pelayanan Publik Implementasi Paten
|
Klasifikasi |
AN2000605 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 89 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Nanan Sujana 0404046003 / Pembimbing 2 : Seno Santoso 410520083 / Penguji 1 : Nanan Sujana 0404046003 / Penguji 2 : Ahmad Murodi / Penguji 3 : Ibrahim Rantau |