Pengaruh inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0 terhadap pengembangan karakter peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 176 Jakarta Kota Administrasi Jakarta Barat
Penelitian ini dilakukan di SMPN 176 Jakarta Kota Administrasi Jakarta
Barat, penelitian yang dilakukan betujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi
pembelajaran era revolusi industri 4.0 terhadap pengembangan karakter peserta
didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 176 Jakarta kota
administrasi Jakarta Barat. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah para
peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 52 sampel dari 214 populasi maka
peneliti menggunakan metode sampel total.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian lapangan dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode
kuantitatif dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif.
Sedangkan penelitian ini menggunakan rumus Product Moment adalah untuk
memperoleh atau mengumpulkan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan
variabel yang menjadi pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrument
penelitian ini menggunakan angket (Quisioner) dimana untuk variabel X sebanyak
10 item pernyataan dan variabel Y sebanyak 10 penyataan.
Berdasarkan hasil uji coba diperoleh realibilitas terhadap pengaruh inovasi
pembelajaran era revolusi industri 4.0 terhadap pengembangan karakter peserta
didik koefisien korelasi sebesar 0,34 dan koefisien determinasi sebanyak 11,56%
yang berarti terdapat pengaruh inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0
terhadap pengembangan karakter peserta didik meskipun dalam taraf rendah.
Dengan pembuktian Thitung lebih besar dari Ttabel (2,553 > 1,671) dengan demikian
Ha yang menyatakan pengaruh inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0
terhadap pengembangan karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMPN 176 Jakarta Kota Administrasi Jakarta Barat diterima dan
Ho ditolak.
Detail Information