Pengaruh literasi keuangan, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Islam Syekh- Yusuf Tangerang
Ayu Kharmila.NIM 1605010026 “Pengaruh Literasi Keuangan, Kecerdasan Emosional,
dan Kecrdasan Spiritual Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei pada Mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2019/2020)
Perilaku konsumtif adalah kegiatan konsumsi yang tidak didasarkan pada kebutuhan
tetapi pada keinginan dan kepuasan semata. Perilaku konsumtif mulai muncul ketika
terjadiperubahan pada pola perilaku konsumsi, yaitu yang tidak rasional atau hanya karena
faktor emosional. Secara teoritis perilaku konsumtif dipengaruhi oleh faktor
budaya,sosial,pribadi dan psikologi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan,
kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku konsumtif pada
mahasiswa pendidikan ekonomi Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam
Syekh-Yusuf Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan
teknik analisis data regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang
yang diambil menggunakan propotional random sampling mahasiswa pendidikan ekonomi
FKIP UNIS Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan google form.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh literasi keuangan,
kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi FKIP UNIS Tangerang adalah sebesar 4% sedangkan selebihnya 96%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti diluar dari persamaan regresi ini.
Detail Information