Pengaruh metode student center learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al Kamil Kota Tangerang
Metode Student Center Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di Mts Al Kamil Kota
Tangerang. Dengan jumlah populasi sebanyak 192 siswa dan siswi dan sampel
nya 51 dan pada tingkat 0,01 dan 0,05 untuk uji dua pihak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan menggunakan
rumus Product Moment, dan pendekatan kuantitatif dengan melalui Skala
Likert‟s, dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut regresi linier 6,66,
kofisien kolerasi 0,70, koefisien determinasi 49%, serta uji t 5,83. Dari hasil
tersebut maka diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh, meski pada tingkat
kuat yaitu antara 0,60 – 0,799. Dengan demikian juga dengan perhitungan
koefisien determinasi dengan konstribusi sebesar 49% adapun sisanya 51% itu
berarti dipengaruhi dari faktor dalam penelitian ini.
Detail Information