Penerapan model pembelajaran pbl (problem based learning) dalam meningkatkan berpikir kritis Siswa Kelas X IPS di SMAN 5 Kabupaten Tangerang
Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kmampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris tentang perbandingan tingkat berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbsis onine dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Whatsaap Grup pada siswa kelas X IPS SMAN 5 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen atau kelas A dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol atau kelas B. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, dokumentasi dan observasi. Peneliti menganalisis data secara statistic deskriptif dengan menggunkan SPSS 25 versi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai post tes kelas A lebih tinggi dari pada kelas B. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Reva Triana 1605010007 |
Pengarang |
Reva Triana - Personal Name Ambuy Sabur - Personal Name Heni C Ramdani - Personal Name Dadang Saepuloh - Personal Name Aniek Widiarti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK2000708 REV p |
Subyek |
Model pembelajaran berbasis masalah, berpikir krit
|
Klasifikasi |
EK2000708 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 93 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Ambuy Sabur 131578553 / Pembimbing 2 : Dadang Saepuloh 410530339 / Penguji 1 : Heni C Ramdani / Penguji 2 : Dadang Saepuloh 410530339 / Penguji 3 : Aniek Widiarti |