Detail Cantuman

Hubungan perilaku belajar siswa dengan efektifitas kegiatan belajar mengajar di kelas VII mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Prima BAKTI Kabupaten Tangerang

Hubungan perilaku belajar siswa dengan efektifitas kegiatan belajar mengajar di kelas VII mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Prima BAKTI Kabupaten Tangerang


Diambilnya penelitian ini karena penulis tertarik dengan hubungan perilaku
belajar siswa dengan efektivitas kegiatan belajar mengajar di kelas VII mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Prima Bakti Kabupaten Tangerang,
populasi dari penelitian ini yaitu berjumlah 40 Siswa di SMP Prima Bakti
Kabupaten Tangerang kelas VII A. Kemudian di ambilah sampel yaitu berjumlah
36 sampel. Dan setiap sampel tersebut diberikan pernyataan berjumlah 10 butir
pernyataan, masing-masing untuk variabel x dan y dengan pilihan sebanyak 5
pilihan.
Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif, dengan
menggunakan rumusan product moment. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa
terdapat hubungan antara perilaku belajar siswa dengan efektivitas kegiatan belajar
mengajar di kelas VII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Prima Bakti
Kabupaten Tangerang.
Dengan pembuktian uji signifikasi untuk melihat hasil koefisiensi korelasi
product moment yaitu sebesar 0,77 dapat diketahui bahwa tingkat hubungannya
59% dan selebihnya 41% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti,
dari hasil yang dihitung oleh peneliti bahwa ada hubungan perilaku belajar siswa
dengan efektivitas kegiatan belajar mengajar di kelas VII mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Prima Bakti Kabupaten Tangerang. Hubungan
dalam penelitian ini dapat dijelaskan bahwa interpretasi terhadap koefisien korelasi
berada pada interval 0,60-0,799 yang artinya penelitian ini berada pada tahap
signifikan kuat. Dengan diperkuat hasil thitung adalah 7,030. Selanjutnya yaitu nilai
ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% dan 0,01 (1%) dk = n – 2 jadi, 36 – 2 = 34
maka nilai ttabel dari 34 adalah 2,032 dan 2,728. Dengan demikian hasil perhitungan
tersebut diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yang artinya hipotesis yang diajukan
diterima.
Berarti terdapat hubungan belajar siswa dengan efektivitas kegiatan belajar
mengajar. Pada taraf signifikan 0,05 (5%) thitung 7,030 > ttabel 2,032 begitu pula
diambil dari taraf signifikan 0,01 (1%) thitung 7,030 > ttabel 2,728.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Fakhri Husaini
Pengarang Fakhri Husaini - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2002701 FAK h
Subyek Pendidikan Agama Islam
Perilaku Belajar Siswa
Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar
Klasifikasi AI2002701
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxi + 81 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id