Pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Al-Kamil Kota Tangerang
Prestasi belajar yang di capai merupakan salah satu tolak ukur yang
menggambarkan tinggi rendahnya kemampuan peserta didik dalam belajar.Salah
satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran yaitu faktor eksternal.
Faktor eksternal yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang berasal dari luar
diri siswa . Faktor eksternal ini salah satu diantaranya adalah faktor motivasi guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
lapangan dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode
kuantitatif dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif.
Populasi yang dipilih peserta didik kelas VIII di MTs al-Kamil kota Tangerang,
dengan jumlah sampel sebanyak 50 sampel dari 169 populasi maka peneliti
menggunakan metode sampel total. penelitian yang dilakukan bertujuan unutk
mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik.
Sedangkan penelitian menggunakan rumus korelasi product momen adalah untuk
memperoleh atau mengumpulkan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan
variabel yang menjadi pembahasan penelitian ( X dan Y).
Sedangkan instrument penelitian ini menggunakan angket (kuesioner)
dimana untuk variabel X sebanyak 10 item pertanyaan dan variabel Y masingmasing 10 item pertanyaan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh realibilitas
terdapat pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran al-Qur‟an hadits . Koefisien korelasi sebesar 0,67% dan koefisien
determinasi sebanyak 44,89% yang berarti terdapat pengaruh motivasi guru
terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur‟an hadits kelas
VIII. Dengan pembuktian bahwa lebih besar dari (5,2351 > 2,116).
Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh motivasi guru
terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur‟an hadits kelas
VIII di MTs al- Kamil kota Tangerang diterima dan hipotesis Ho ditolak.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Aenudin |
Pengarang |
Aenudin - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2004001 AEN p |
Subyek |
Prestasi Belajar Motivasi Guru Al-Qu’an Hadits
|
Klasifikasi |
AI2004001 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 119 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|