Detail Cantuman

Pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Al-Kamil Kota Tangerang

Pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Al-Kamil Kota Tangerang


Prestasi belajar yang di capai merupakan salah satu tolak ukur yang
menggambarkan tinggi rendahnya kemampuan peserta didik dalam belajar.Salah
satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran yaitu faktor eksternal.
Faktor eksternal yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang berasal dari luar
diri siswa . Faktor eksternal ini salah satu diantaranya adalah faktor motivasi guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
lapangan dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode
kuantitatif dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif.
Populasi yang dipilih peserta didik kelas VIII di MTs al-Kamil kota Tangerang,
dengan jumlah sampel sebanyak 50 sampel dari 169 populasi maka peneliti
menggunakan metode sampel total. penelitian yang dilakukan bertujuan unutk
mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik.
Sedangkan penelitian menggunakan rumus korelasi product momen adalah untuk
memperoleh atau mengumpulkan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan
variabel yang menjadi pembahasan penelitian ( X dan Y).
Sedangkan instrument penelitian ini menggunakan angket (kuesioner)
dimana untuk variabel X sebanyak 10 item pertanyaan dan variabel Y masingmasing 10 item pertanyaan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh realibilitas
terdapat pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran al-Qur‟an hadits . Koefisien korelasi sebesar 0,67% dan koefisien
determinasi sebanyak 44,89% yang berarti terdapat pengaruh motivasi guru
terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur‟an hadits kelas
VIII. Dengan pembuktian bahwa lebih besar dari (5,2351 > 2,116).
Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh motivasi guru
terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur‟an hadits kelas
VIII di MTs al- Kamil kota Tangerang diterima dan hipotesis Ho ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Aenudin
Pengarang Aenudin - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2004001 AEN p
Subyek Prestasi Belajar
Motivasi Guru
Al-Qu’an Hadits
Klasifikasi AI2004001
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xviii + 119 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id