Pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Tangerang
Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Kota Tangerang, penelitian yang
dilakukan bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam
dengan minat belajar siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah
siswa kelas VIII sebanyak 2 (dua) kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa
(8-8, 8-10) dari populasi yang diambil sebanyak 75 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian korelasional, yang
digunakan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini dan
melihat hubungan antara variabel-variabel yang ada. Sedangkan instrument
penelitian ini menggunakan angket (Quisioner) dimana untuk variabel X sebanyak
10 item pertanyaan dan variabel Y masing-masing 10 item pertanyaan.
Berdasarkan hasil uji coba diperoleh realibilitas terdapat pengaruh kreativitas guru
pendidikan agama Islam dengan minat belajar siswa kelas VIII. Koefisien korelasi
sebesar 0,96 dan koefisien determinasi sebanyak 92,16% yang berarti terdapat
pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam. Dengan pembuktian bahwa
lebih besar dari (13, 564 > 2,009). Dengan demikian Ha yang
menyatakan pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam terhadap minat
belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Tangerang diterima dan hipotesis Ho
ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kreativitas guru
pendidikan agama Islam dengan minat belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Kota
Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Winda Yanti |
Pengarang |
Winda Yanti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1903401 WIN p |
Subyek |
Pendidikan Agama Islam Minat Belajar Kreativitas Guru
|
Klasifikasi |
AI1903401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xx + 97 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|