Strategi Cyber Public Relation dalam membangun Citra positif Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi cyber public relation
di sektor kementerian kelautan dan perikanan dalam rangka membangun citra
positif suatu lembaga. Dalam dunia kehumasan saat ini , praktek cyber public
relation sudah tidak asing lagi, terutama dalam aspek penyebaran informasi kepada
para stakeholders dan membangun persepsi baik dihadapan masyarakat.
Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah instansi kementerian yang
mengemban tugas menyelenggarakan urusan di bidang kelautan, dan perikanan
dalam pemerintahan untuk membantu presiden menyelenggarakan pemerintahan
negara. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Sumber data yang diproleh melalui wawancara dengan informan terpilih
yang terlibat langsung dalam instansi yang menjadi objek penelitian,. Hasil
penelitian ini menujukan strategi penggunaan media cyber di Humas kementerian
kelautan dan Perikanan diantaranya; memproduksi E-Magazine, memproduksi
kumpulan video documenter (Neptune TV), menjalin kerja sama dengan instansi
lain, mepermudah layanan PPID berbasis Aplikasi, serta mengoptimalkan
penggunaan kanal-kanal media cyber yang dimiliki KKP. Kendala yang dihadapi
Humas KKP dalam menjalankan cyber PR adalah salah satu stakeholder KKP yakni
kelompok Nelayan yang mayoritas belum melek teknologi.
Detail Information