Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII MTs Daarul Muttaqien Cadas Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang
Salah satu dasar pemikiran yang melatar belakangi peneliti mengambil
judul Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran
Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTs Daarul Muttaqien Cadas Sepatan Tangerang
Kabupaten Tangerang, lebih disebabkan pada pemikiran, sekaligus pengamatan
selama peneliti mengabdi pada Madrasah MTs Daarul Muttaqien Cadas
Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, perihal pembelajaran Al-Qur’an
Hadis. Dimana guru menyampaikan materi pembelajaran lebih bersifat monoton
yakni menerapkan metode ceramah, dan atau metode Tanya jawab, kedua metode
ini sama-sama memiliki kelemahan yaitu minat membacanya yang minim dan
tidak menciptakan ruang dialog.
Dalam skripsi ini peneliti mencoba menjelaskan metode demonstrasi
sebagai alternatif lain di luar kedua metode tersebut dengan memanfaatkan sarana
dan teknologi infomasi yang tersedia, yaitu metode dmonstratif, metode
demonstrasi secara umum adalah sebuah pendektakan yang lebih cenderung
menerapkan metode pembelajara secara langsung, yaitu dengan bantuan dan
peragaan dan prasarana lainnya.
Dan adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan
menggunakan rumus Product Moment, dan sementara pendekatan kuantitatif
dengan melalui Skala Likert’s dari hasil penelitian dengan jumlah populasi 165
dan sampel 50 diperoleh hasil regresi linier 46,98%, kofisien kolerasi 0,48,
koefisien determinasi 23,04%, serta thitung 3,80. Dari hasil tersebut maka
diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh, meski pada tingkat sedang yaitu
antara 0,40 – 0,599. Dengan demikian juga dengan perhitungan koefisien
determinasi memberi konstribusi sebesar (23,04) pada tingkat 0,01 dan 0,05 untuk
uji dua pihak. adapun sisanya 76,96% itu berarti dipengaruhi oleh faktor lain
sehingga disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi Ha ada Pengaruh Metode
Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas
VIII MTs Daarul Muttaqien Cadas Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang,
diterima kebenarannya sementara Ho di tolak.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Siti Anisa Maulidiah |
Pengarang |
Siti Anisa Maulidiah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1902901 SIT p |
Subyek |
Hasil Belajar Demonstrasi Al-Qur’an Hadis
|
Klasifikasi |
AI1902901 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xx + 87 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|