Pengaruh mediamorfosis terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan
Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahu apakah adanya pengaruh akan penggunaan mediamorfosis terhadap
efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri pada kalangan generasi
Z di Kota Tangerang Selatan atau tidak adanya pengaruh akan penggunaan
mediamorfosis terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri
pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan, diantara dua variabel ini akan
diuji sehingga menghasilkan mana variabel yang paling dominan terhadap pengaruh
komunikasi antarpribadi.
Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana jumlah
keseluruhan sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Adapun responden
dalam penelitian ini yaitu generasi Z di Kota Tangerang Selatan dengan usia antara
15 sampai 26 tahun. Pada penentuan sampel di penelitian ini menggunakan Purposive
Sampling dengan kriteria responden yang aktif menggunakan sosial media. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan pertanyaan berupa form
kuesioner kepada para responden yang disebarkan melalui jejaring media sosial, baik
Instagram, Twitter dan WhatsApp. Untuk membuktikan dan menganalisis hasil
penelitian ini maka digunakan uji validitas serta reliabilitas dan juga dilakukan uji
regresi linier berganda, uji f sampai uji t.
Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa: Secara simultan penggunaan
mediamorfosis berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam
pengungkapan diri pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan. Hasil ini
diperolah dari uji hipotesa pada uji f dimana menghasilkan nilai Fhitung ≥ Ftabel (73,954
≥ 3,10). Dengan demikian hasil dari pengujian hipotesis pada uji f menunjukan
adanya pengaruh pada efektivitas komunikasi antarpribadi pada kalangan generasi Z
di Kota Tangerang Selatan. Adapun pada uji korelasi variabel yang dilakukan
menunjukan hasil bahwa Pengaruh Mediamorfosis (X) memiliki nilai signifikansi
sebesar 0,000 sedangkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (Y) juga mendapatkan
nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai korelasi antara Pengaruh Mediamorfosis
(X) sebesar 0,656 dan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (Y) 0,656 yang
menyatakan bahwa kedua variabel ini memiliki hubungan yang positif dengan
korelasi yang kuat
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Khairunnisa Al-Araf 1801030188 |
Pengarang |
Khairunnisa Al-Araf - Personal Name Alamsayh - Personal Name Ade Irfan Abdurahman - Personal Name Luna Safitri Salsabil - Personal Name Rini Hardiyanti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF KM2218806 KHA p |
Subyek |
Komunikasi Mediamorfosis
|
Klasifikasi |
KM2218806 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 128 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Ade Irfan Abdurahman 0419078904 / Pembimbing 2 : Alamsyah 0403026705 / Penguji 1 : Ade Irfan Abdurahman 0419078904 / Penguji 2 : Luna Safitri Salsabil 0415039401 / Penguji 3 : Rini Hardiyanti 0422109003 |