Pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Al-Husna Kadu Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang
Penelitian yang berjudul Pengaruh Metode Mind Map teradap Hasil Belajar
Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs AlHusna Kadu Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang ini, membahas tentang
Pengaruh Metode Mind Map yang merupakan variabel X (Variabel bebas), dan Hasil
Belajar Peserta Didik merupakan variabel Y (Variabel terikat) dengan jumlah populasi
sebanyak 85 peserta didik dan tingkat kesalahan sebesar 0,05% atau 5%, kemudian
ditarik dengan cara pengambilan sampel hasilnya yaitu 68 peseta didik. Dengan
menggunakan metode deskriftif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
melakukan beberapa pengujian yang menggunakan rumus product moment maka hasil
penelitian menunjukan bahwa, terdapat pengaruh metode mind map terhadap hail
belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudyaan Islam, kaena
nilai thitung positif yaitu 4,44 lebih besar dari ttabel yaitu 2,384, dengan nilai korelasi
product moment yang tergolong tinggi yaitu 0,48 dan ini termasuk dalam interval
koefisien 0,40 – 0,599 yang artinya masuk dalam pengaruh yang sedang. Demikian
juga dengan perhitungan koefisien determinasi dengan kontribusi sebesar 23%.
Adapun sisanya 77% itu berarti dipengaruhi oleh faktor lain yang berdistribusi normal
dan tidak diteliti.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nilla Sari |
Pengarang |
Nilla Sari - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1900101 NIL p |
Subyek |
hasil Belajar Peserta Didik Metode Mind Map Sejarah Kebudayaan Islam
|
Klasifikasi |
AI1900101 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxiii + 93 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|