Pemikiran pendidikan Islam menurut K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh (1937-W.2014)
Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalah pendidikan merupakan
hal yang harus ditempuh oleh semua orang, termasuk didalam nya adalah
pendidikan Islam. Pendidikan Islam itu selalu mengedepankan nilai-nilai Isalm.
Dalam pendidikan Islam banyak pendapat-pendapat tentang pendidikan Islam
baik dari tokoh luar maupun tokoh nasional. Semua pendapat-pendapat tentang
Pendidikan Islam bagus akan tetapi penulis membahas: Pemikiran Pendidikan
Islam menurut K.H. Muhammad Ahmad Saahal Mahfud (1937-W.2014). Yang
menjadi permasalahan dari penulisan ini adalah: 1. Bagaimana pemikiran
Pendidikan Islam menurut K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh dan 2.
Bagaimana relevansi pemikiran pendidikan Islam K.H. Muhammad Ahmad Sahal
Mahfudh pada saat ini.
Untuk menjawab Penelitian tersebut penulis menggunakan metode
kualitatif dengan jenis penelitian library research (kepustakaan). Sumber data
dalam penelitian ini meliputi buku tentang mengenai tentang pendidikan Islam
dan data-data yang diperoleh dari sumber yang relevan dijadikan sebagai rujukan
dalam membantu menganalisis permasalahan yang muncul. Adapun metode yang
digunakan untuk menganalisis dan menjelaskan tentang mengenai Pendidikan
Islam K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh. Tujuan penelitian ini adalah
menjelaskan Pemikiran-pemikiran Pendidikan Agama Islam menurut K.H.
Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh, serta relevansi pemikiran K.H. Muhammad
Ahmad Sahal Mahfudh dalam dunia pendidikan di Indonesia pada saat ini.
Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa Pendidikan Agama Islam
menurut K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh tidak selalu mengedepankan
akhirat tapi harus menyeimbangkan keduanya agar bahagia di dunia dan di
akhirat. Menurut beliau pendidikan Islam saat ini tidak boleh kalah dengan
teknologi dan para siswa harus peka terhadap permasalahan masyarakat.
Relevansi Pemikiran pendidikan K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh saat ini
di Indonesia senada dengan kurikulum 2013. Karena sama-sama mengedepankan
aspek karakteer yang didalamnha terdapat spiritusl dan moral.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nasrul Fazri |
Pengarang |
Nasrul Fazri - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1902201 NAS p |
Subyek |
Pendidikan Agama Islam K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh
|
Klasifikasi |
AI1902201 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2019 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
68 hlm |
Info Detil Spesifik |
|