Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan (studi kasus pada pelayanan BPJS kesehatan di kantor BPJS kantor cabang (KC) Tigaraksa Kabupaten Tangerang )
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana
prinsip good governance dapat diterapkan pada pelayanan Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial (BPJS) yang berada di BPJS Kesehatan Cabang Tigalaksa
Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengklarifikasi permasalahan
terkait prinsip-prinsip good governance dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang
ada di BPJS Kesehatan Tigaraksa cabang Kabupaten Tangerang. Untuk mengatasi
masalah tersebut, peneliti menggunakan teori Donni Juni Priansa (2018). Teori ini
mengandung sembilan prinsip good governance. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian dilakukan melalui triangulasi
teknik, yaitu pengujian data dari sumber yang sama dengan teknik yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip good governance dalam
pelayanan BPJS di Kabupaten Tangerang tidak sepenuhnya baik. Hal ini
dikarenakan masih terdapat kendala dalam penerapannya, seperti kurangnya
keterlibatan masyarakat Untuk mengatasinya dengan cara mendorong partisipasi
masyarakat dengan melakukan sosialisasi yang bernama pemberian informasi
langsung (PIL) dan MCS jemput bola bekerjasama dengan pihak Kecamatan. dan
kondisi fasilitas yang kurang memadai cara mengatasi antrian yang menumpuk
pihak BPJS Kesehatan melakukan system antrian secara mengular dan sudah
menggunakan media elektronik untuk mesin antrian yaitu dengan menggunakan
mesin antrian digital bernama SPY.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nurlaila Dwi Yanti 1801010036 |
Pengarang |
Nurlaila Dwi Yanti - Personal Name Irvan Arif Kurniawan - Personal Name Muhammad Ibrahim Rantau - Personal Name Yusmedi Yusuf - Personal Name Eko Prasetyo - Personal Name Agus Suherman - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2203605 NUR p |
Subyek |
Good Governance BPJS Kesehatan
|
Klasifikasi |
AN2203605 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 15376hlm.; 23 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Irvan Arif Kurniawan 0411048801 / Pembimbing 2 :Muhammad Ibrahim Rantau 0425108102 / Penguji 1 : Yusmedi Yusuf 0422026703 / Penguji 2 : Eko Prasetyo 0412077006 / Penguji 3 : Agus Suherman 0418097304 |