Detail Cantuman

Kualitas pelayanan prima di masa pendemi covid-19 di Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan

Kualitas pelayanan prima di masa pendemi covid-19 di Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kualitas pelayanan
prima di masa pandemi covid-19 di Kecamatan Serpong, (2) apa faktor-faktor
pendukung yang mempengaruhi kualitas pelayanan prima di Kecamatan Serpong
Tangerang Selatan, (3) apa faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi kualitas
pelayanan prima di Kecamatan Serpong Tangerang Selatan.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk
mendeskripsikan dan mendeskripsikan peristiwa dan fenomena yang terjadi di
lapangan serta menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai
peristiwa atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi
sumber untuk memverifikasi keabsahan data penelitian. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kualitas pelayanan prima di masa
pandemi covid-19 di Kecamatan Serpong sudah diterapkan dimensi Tangibel,
Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya.
Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan
masyarakat, antara lain kenyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan
prasarana yang belum lengkap, kualitas sumber daya manusia dari pegawai
Kecamatan Serpong dalam menggunakan alat bantu pelayanan masih harus
ditingkatkan, dan ketidakramahan pegawai dalam proses pelayanan. (2) apa
faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi kualitas pelayanan prima di
Kecamatan Serpong Tangerang Selatan, selalu diadakannya workshop ataupun
pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pegawai, fasilitas sarana dan sarana
terus diperbaiki melalui renovasi yang sedang berjalan, jaminan ketepatan waktu
dalam pelayanan serta membarika pelayanan dengan optimal dan sungguhsungguh sesuai standar prosedur pelayanan demi terwujudnya pelayanan yang
baik, (3) apa faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi kualitas pelayanan
prima di Kecamatan Serpong Tangerang Selatan adalah kurangnya kompetensi
yang masih harus ditingkatkan dari Sumber daya pegawai kabupaten Serpong dan
kurangnya infrastruktur. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang
diberikan karyawan kepada sesama, mengadakan rapat koordinasi atau semacam
evaluasi setiap tiga bulan sekali dan selanjutnya menumbuhkan kesadaran
melayani masyarakat dengan ikhlas dan hati nurani. Faktor pendukung lainnya
adalah adanya fasilitas berupa alat bantu untuk mempermudah proses pelayanan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Yulinda 1801010027
Pengarang yulinda - Personal Name
Irvan Arif Kurniawan - Personal Name
Ahmad Murodi - Personal Name
Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name
Thita Moralitha Mazya - Personal Name
Pri Utami - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AN2202705 YUL k
Subyek Pelayanan Prima
Pandemi Covid19
Klasifikasi AN2202705
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xi + 384 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Irvan Arif Kurniawan 0411048801 / Pembimbing 2 : Ahmad Murodi 8874200016 / Penguji 1 : Dafyar Eliadi Hardian 407115801 / Penguji 2 : Thita Moralita Mayza 322127301 / Penguji 3 : Pri Utami 0405056806

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id