Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Cibadak Kecamatan Cikupa Kebupaten Tangerang
Pada awal maret tahun 2020 indonesia dilanda bencana pandemi covid-19, akibat
pandemi covid-19 ini berdampak buruk terhadap aktivitas perekonomian
masyarakat banyak yang terkena PHK dan banyaknya karyawan yang dirumahkan
sehingga penghasilan masyarakat menjadi menurun. Untuk melindungi masyarakat
yang terdampak dari pandemi Covid-19, upaya yang dilakukan pemerintah yaitu
menyalurkan berbagai macam program bantuan sosial salah satunya adalah
Bantuan Sosial Tunai yang bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program
Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Sukamulya Pada Masa Pandemi Covid19 Periode 2021. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengumpulan data didapat dari berbagai sumber baik jurnal, buku,
dokumentasi, wawancara, observasi, internet, dan kepustakaan. Melibatkan
informan Kepala Kelurahan Sukamulya, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, RT,
RW, dan masyarakat penerima BST. Implementasi Kebijakan Program BST ini
menggunakan teori dari Van Meter dan Van Horn dengan menggunakan 6 indikator
yaitu (1) Standar dan Sasaran Kebijakan, (2) Sumberdaya, (3) Komunikasi Antar
Organisasi, (4) Karakteristik Agen Pelaksana, (5) Disposisi/Sikap Pelaksana, (6)
Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Politik. Hasil dalam penelitian ini dari 6 indikator
dengan baik yaitu indikator Sumberdaya, Karakteristik Agen Pelaksana. Sedangkan
Standar dan Sasaran Kebijakan, Komunikasi Antar Organisasi, Disposisi/Sikap
Pelaksana, Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Politik belum diterapkan dengan baik
karena terdapat masyarakat yang merasa puas dan kurang puas.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Arethusa Pradnya Paramita 1801010081 |
Pengarang |
Arethusa Pradnya Paramita - Personal Name Nanan Sujana - Personal Name Refly Badar - Personal Name Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name Thita Moralitha Mazya - Personal Name Pri Utami - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2208105 ARE k |
Subyek |
Pelayanan Publik
|
Klasifikasi |
AN2208105 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xii + 102 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Nanan Sujana 0404046003/ Pembimbing 2 : Refly Badar 8816070018 / Penguji 1 : Dafyar Eliadi Hardian 0407115801 / Penguji 2 : Thita Moralitha Mazya 322127301 / Penguji 3 : Pri Utami 0405056806 |