Analisis tingkat kepuasan masyarakat pada aplikasi layanan aspirasi kotak saran smart government pada dinas komunikasi dan informasi Kota Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Analisis tingkat kepuasan masyarakat pada
aplikasi layanan aspirasi kotak saran dan Smart Government pada Dinas Komunikasi dan
Informasi Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif
deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui interview (wawancara), kuesioner
(angket), observasi (pengamatan), dokumentasi dan lain sebagainya. Sesuai dengan Perwal
Kota Tangerang Perartuan Walikota Tangerang Nomor 2 tahun 2016 Tentang Pemanfaatan
Teknologi Infomasi dan Komunikasi.untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan
berbasis teknologi yang menggunakan aplikasi LAKSA. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi LAKSA ini telah
berjalan efektif, hal tersebut dibuktikan dengan terdapat beberapa perubahan positif di
masyarakat yang telah memberikan laporan aspirasi tersebut kepada Pemkot Tangerang
demi memajukan Kota Tangerang.
Adapun yang mendorong perubahan positif tersebut melalui kegiatan sosialisasi,
pembinaan dan penyuluhan terkait pengetahuan Teknologi dan aplikasi LAKSA pada
portal Tangerang Live yang di gagas Pemkot Tangerang pada Dinas Komunikasi dan
Informasi. Selain itu, terdapat layanan lain pada portal Tangerang Live seperti layanan
Kesehatan, Pendidikan, perhubungan, dan lainnya. Dalam hal ini partisipasi masyarakat
dinilai aktif dalam menyampaikan laporan aspirasi nya. Namun pada penelitian ini, peneliti
menemukan hambatan yang harus dihadapi masyarakat, yaitu pada pengetahuan teknologi
di temukannya masyarakat yang belum mengetahui keberadaaan aplikasi Tangerang Live,
serta kurang nya pengetahuan tentang teknologi pada handphone android. Mengapa
demikian karena faktor usia juga yang menghambat pengetahuan tentang teknologi
tersebut. Tapi Dinas Komunikasi dan Informasi tetap berupaya meningkatkan kemajuan
dan pengetahuan masyarakat pada teknologi dengan cara sosialisasi baik secara online
maupun offline.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Aldo junianto 1801010009 |
Pengarang |
Aldo Junianto - Personal Name Muhammad Ibrahim Rantau - Personal Name Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name Thita Moralitha Mazya - Personal Name Pri Utami - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2200905 DIS a |
Subyek |
Aplikasi Masyarakat
|
Klasifikasi |
AN2200905 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xii + 70 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Dafyar Eliadi Hardian 0407115801 / Pembimbing 2 :Muhammad Ibrahim Rantau 0425108102 / Penguji 1 : Dafyar eliadi Hardian 0407115801 / Penguji 2 :Thita Moralitha Mazya 0322127301 / Penguji 3 : Pri utami 0405056806 |