Standar pelayanan publik (Studi Pada Pelayanan Administrasi Kepedudukan Di Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang)
Pelayanan publik merupakan suatu kegiatan atau usaha pemberian layanan yang
dilakukan oleh penyelenggara pelayanan (pemerintah) dalam upaya memenuhi
kebutuhan dan hak-hak masyarakat baik dalam hal jasa, barang ataupun administratif.
Penyelenggara pelayanan memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan publik
yang prima, dan masyarakat juga berharap untuk mendapatkan pelayanan yang
berkualitas. Oleh karena itu dibutuhkannya standar dalam kinerja pelayanan publik,
indikator tersebut akan menjadi bagian dalam pengawasan dan penilaian terhadap
kinerja yang dilakukan oleh pegawai aparatur. Indikator kinerja dalam hal ini disebut
standar pelayanan. Maka diperlukannya standar pelayanan agar pelaksanaan pelayanan
publik dapat diukur dan dinilai sesuai pedoman dan ketentuan yang berlaku. Dengan
informasi yang peneliti dapatkan dari masyarakat berdasarkan data dan fakta, maka
peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah. Adapun judul yang dibahas yaitu
“Standar Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Administrasi Kependudukan di
Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang). Metode penelitian yang digunakan peneliti
yaitu metode kualitatif yang mana teknik pengumpulan datanya dengan dilakukannya
observasi, wawancara informan dan dokumen-dokumen pendukung. Adapun tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui standar pelayanan publik, hambatan dan upaya
dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kecamatan Jatiuwung.
Hasil penelitian didapatkan bahwa standar pelayanan publik dalam di Kecamatan
Jatiuwung Kota Tangerang dalam pelayanan administrasi kependudukan sudah baik
dalam hal prosedur pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan
prasaranan dan kompetensi pegawai pelayanan. Namun dalam hal waktu penyelesaian
pelayanan perlu ditingkatkan kembali, karena masyarakat merasa bahwa pegawai
belum bisa menerapkan secara maksimal dalam hal ketepatan waktu penyelesaian
pelayanan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Dona Lintang Alcholis 1801010122 |
Pengarang |
Dona Lintang Alcholis - Personal Name Fitria Firdiyani - Personal Name Yusmedi Yusuf - Personal Name Eko Prasetyo - Personal Name Agus Suherman - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2212205 DON s |
Subyek |
Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan
|
Klasifikasi |
AN2212205 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiv+94hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Agus Suherman 0418097304 / Pembimbing 2 : Fitria Firdiyani 421049006 / Penguji 1 : Yusmedi Yusuf 0422026703 / Penguji 2 : Eko Prasetyo 0412077006 / Penguji 3 : Agus Suherman 0418097304 |