Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik (studi kasus dalam pembuatan e-ktp kartu keluarga dan aakte kelahiran di Kecamatan Kosambi Kebupaten Tangerang Banten )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menghambat kualitas
pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang Banten,
yang meliputi pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (E-KTP), kartu keluarga
(KK) dan Akta Kelahiran. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala
camat, informan pendukung adalah tiga pegawai Kecamatan Kosambi dan sepuluh
masyarakat sebagai pengguna layanan. Teori yang digunakan dalam penelitian
adalah teori kualitas pelayanan menurut Zeithmal, Parasurahman&Berry yang
menggunakan 5 Dimensi yaitu Tangible (Bentuk Fisik), Reliablity (Kehandalan),
Responsivines (Respon/Tanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati),
dengan metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
menunjukan bahwa factor yang menghambat kualitas pelayanan publik di Kantor
Kecamatan Kosambi bedasarkan 5 dimensi hanya 2 dimensi yang tergolong baik
dalam pelayanannya yaitu Empahty (Empati) dan Responsivines
(Respon/Tanggapan) dan 3 dimensi yaitu Tangible (Bentuk Fisik) Reliablity
(Kehandalan), Assurance (Jaminan), masih belum optimal dan harus meningkatkan
kualitas pelayanan agar masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang ada di
Kantor Kecamatan Kosambi, Dalam pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan
Kosambi ada 3 hambatan yang dirasakan oleh pegawai Kantor Kecamatan Kosambi
selama menjalankan pelayanan-pelayanan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Laela Miftahul Ni'mah 1801010054 |
Pengarang |
Laela Miftahul Ni'mah - Personal Name Udin Syamsudin - Personal Name Refly Badar - Personal Name Ahmad Murodi - Personal Name Hilman - Personal Name Yudi Muhtadi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2205405 LAE f |
Subyek |
Pelayanan Publik E- KTP
|
Klasifikasi |
AN2205405 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xii + 110 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Udin Syamsudin 8978710021 / Pembimbing 2 : Refly Badar 8816070018 / Penguji 1 : Ahmad Murodi 8874200016 / Penguji 2 : Hilman 0422127601 / Penguji 3 : Yudi Muhtadi 408046903 |