Detail Cantuman

Penerapan prinsip-prinsip good governance di kantor Kecamatan Sepatan Kebupaten Tangerag

Penerapan prinsip-prinsip good governance di kantor Kecamatan Sepatan Kebupaten Tangerag


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan
dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang
Sekretaris Camat Sepatan sebagai key informan, 2 orang staff pelayanan sebagai
key informan, dan 8 masyarakat yang melakukan pelayanan di Kantor Kecamatan
Sepatan Kabupaten Tangerang sebagai secondary informan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip-prinsip Good
Governance di Kantor Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang dilihat dari
dimensi Responsivitas, Efektivitas dan Efesiensi, Keadilan, Akuntabilitas, serta
Transparansi yaitu : (1) Pegawai di Kantor Kecamatan Sepatan memberikan
pelayanan yang sopan ramah, pegawai memberikan pengarahan kepada
masyarakat yang merasa kesulitan dalam pelayanan dan dilakukan dengan cepat
dan tepat dimana pegawai disana merespon dan melayani masyarakat sehingga
pelayanan tersebut sesuai dengan harapan masyarakat. (2) Pelayanan Umum di
Kantor Kecamatan Sepatan para pegawai sudah disiplin dalam memberikan
pelayanan dan mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah
sesuai dengan ketentuan yang berlaku dimana Pegawai Kantor Kecamatan
Sepatan memiliki Pelayanan PATEN (Pelayanan Adminstrasi Terpadu). Namun
pada aspek Efektivitas dan Efisien terdapat pegawai yang masih kurang disiplin
waktunya karena sebagian pegawai dalam melayani kepentingan masyarakat
terdapat pegawai yang pulang pada jam istirahat. (3) di Kantor Kecamatan
Sepatan dalam pelayanan sepenuhnya sudah di jalankan dengan baik dimana
pegawai kantor kecamatan bersikap adil kepada masyarakat karena pegawai tidak
menggunakan system Nepotisme dalam memberikan pelayanan. (4) sistem
mekanisme dan prosedur pada pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sepatan
Kabupaten Tangerang pun sudah baik karena sangat sederhana dan tidak berbelitbelit dalam pelayanan publik sehingga mudah di pahami oleh masyarakat. (5) dan
dalam keterbukaan waktu penyelesaian dalam pengurusan pelayanan sudah
diterapkan dengan baik, dimana petugas memberikan kejelasan waktu
penyelesaian yang membuat masyarakat tidak menunggu hasil yang dibutuhkan
dan tidak membuat masyarakat kebingungan dalam proses penyelesaian
pelayanan. Dan Kantor Kecamatan Sepatan tidak memungut biaya sama sekali
kepada masyarakat yang melakukan pelayanan disana.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Satya Maulana 1801010132
Pengarang Satya Maulana - Personal Name
M. Rosul Asnawi - Personal Name
Pri Utami - Personal Name
M. Rosul Asmawi - Personal Name
Seno Santoso - Personal Name
Refly Badar - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AN2213205 SAT p
Subyek Good Governance
Klasifikasi AN2213205
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xii + 76 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : M. Rosul Asnawi 0410105809/ Pembimbing 2 : Pri Utami 0405056806/ Penguji 1 : M. Rosul Asnawi 410520016 / Penguji 2 : Seno Santoso 413056006 / Penguji 3 : Refly Badar 8816070018

  Tags :
Good Governance

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id