Penerapan prinsip-prinsip ggod governance dalam mendukung pelayanan publik berbasis apliksi gampang ngurus berkas (pangkas) (studi kasus kelurahan Cibodas Baru Tangerang)
Aplikasi PANGKAS merupakan sebuah inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi
yang dibuat oleh Dinas KOMINFO Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas
pelayanan publik. Aplikasi PANGKAS dikhususkan untuk memudahkan ketua
RT/RW dalam mengurus berkas administrasi untuk warganya. Salah satu yang
sudah menerapkan aplikasi Pangkas ini yaitu di Kelurahan Cibodas Baru
Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Tetapi masih belum sepenuhnya RT/RW
menggunakan dan mengoprasikan aplikasi ini sehingga aplikasi ini belum berjalan
dengan optimal dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Penerapan Prinsip-Prinsip Good Government Dalam mendukung
pelayanan publik berbasis aplikasi di Kelurahan Cibodas Baru dan apa saja
hambatan yang dihadapi Kelurahan Cibodas Baru dalam penerapan pelayanan
publik berbasis aplikasi PANGKAS. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
teori Prinsip-Prinsip Good Government dari Sedarmayanti sebagai acuan untuk
mengetahui penerapan prinsip-prinsip good govement dalam meningkatkan
pelayanan publik berbasis aplikasi PANGKAS di Kelurahan Cibodas Baru. Metode
yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasi
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good govement dalam
meningkatkan pelayanan publik berbasis aplikasi PANGKAS di Kelurahan
Cibodas Baru berjalan cukup baik namun masih banyak yang harus diperbaiki
dilihat dari partisipasi Ketua RT/RW yang masih sedikit dalam menggunakan
aplikasi dan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya Aplikasi
PANGKAS. Tetapi dari segi pegawai dalam melayani masyarakat melalui
pelayanan digital sudah cukup menguasai. Dan hambatan pertama yaitu dari pola
masyarakat yang masih konvensional hambatan kedua yaitu jaringan yang sering
terjadi gangguan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Retno Dwijayanti 1801010139 |
Pengarang |
Retno Dwijayanti - Personal Name Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name M.Ibrhim Rantau - Personal Name Ahmad Murodi - Personal Name Irvan Arif Kurniawan - Personal Name Yudi Muhtadi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2213905 RET p |
Subyek |
Pelayanan Publik Good Governance
|
Klasifikasi |
AN2213905 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xi+ 94hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Dafyar Eliadi Herdian 0407115801 / Pembimbing 2 : M.Ibrahim Rantau 04011048801 / Penguji 1 : Ahmad Murodi 8874200016 / Penguji 2 : Hilman 0422127601 / Penguji 3 : Yudi Muhtadi 408046903 |