Detail Cantuman

Penerapan prinsip-prinsip ggod governance dalam mendukung pelayanan publik berbasis apliksi gampang ngurus berkas (pangkas) (studi kasus kelurahan Cibodas Baru Tangerang)

Penerapan prinsip-prinsip ggod governance dalam mendukung pelayanan publik berbasis apliksi gampang ngurus berkas (pangkas) (studi kasus kelurahan Cibodas Baru Tangerang)


Aplikasi PANGKAS merupakan sebuah inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi
yang dibuat oleh Dinas KOMINFO Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas
pelayanan publik. Aplikasi PANGKAS dikhususkan untuk memudahkan ketua
RT/RW dalam mengurus berkas administrasi untuk warganya. Salah satu yang
sudah menerapkan aplikasi Pangkas ini yaitu di Kelurahan Cibodas Baru
Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Tetapi masih belum sepenuhnya RT/RW
menggunakan dan mengoprasikan aplikasi ini sehingga aplikasi ini belum berjalan
dengan optimal dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Penerapan Prinsip-Prinsip Good Government Dalam mendukung
pelayanan publik berbasis aplikasi di Kelurahan Cibodas Baru dan apa saja
hambatan yang dihadapi Kelurahan Cibodas Baru dalam penerapan pelayanan
publik berbasis aplikasi PANGKAS. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
teori Prinsip-Prinsip Good Government dari Sedarmayanti sebagai acuan untuk
mengetahui penerapan prinsip-prinsip good govement dalam meningkatkan
pelayanan publik berbasis aplikasi PANGKAS di Kelurahan Cibodas Baru. Metode
yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasi
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good govement dalam
meningkatkan pelayanan publik berbasis aplikasi PANGKAS di Kelurahan
Cibodas Baru berjalan cukup baik namun masih banyak yang harus diperbaiki
dilihat dari partisipasi Ketua RT/RW yang masih sedikit dalam menggunakan
aplikasi dan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya Aplikasi
PANGKAS. Tetapi dari segi pegawai dalam melayani masyarakat melalui
pelayanan digital sudah cukup menguasai. Dan hambatan pertama yaitu dari pola
masyarakat yang masih konvensional hambatan kedua yaitu jaringan yang sering
terjadi gangguan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Retno Dwijayanti 1801010139
Pengarang Retno Dwijayanti - Personal Name
Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name
M.Ibrhim Rantau - Personal Name
Ahmad Murodi - Personal Name
Irvan Arif Kurniawan - Personal Name
Yudi Muhtadi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AN2213905 RET p
Subyek Pelayanan Publik
Good Governance
Klasifikasi AN2213905
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xi+ 94hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Dafyar Eliadi Herdian 0407115801 / Pembimbing 2 : M.Ibrahim Rantau 04011048801 / Penguji 1 : Ahmad Murodi 8874200016 / Penguji 2 : Hilman 0422127601 / Penguji 3 : Yudi Muhtadi 408046903

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id