Pemikiran pendidikan islam menurut Syekh Yusuf Al-Makassari
Dalam perkembangan ajaran Islam, telah banyak para tokoh-tokoh Islam yang
memiliki peranan signifikan terhadap pendidikan Islam. Pendidikan Islam yang
terus berkembang, sebab banyak dari beberapa pemikiran tokoh yang telah
memberikan pengaruh dan gagasannya di setiap masa ke masa. Dari perkembangan
pemikiran tersebut diliputi oleh sistem, kurikulum, metode dan tujuan dari proses
pendidikan serta visi-misi yang diperjuangkan. Dapat ditinjau bahwa pendidikan
Islam tidak dapat dilepas dari pemikiran-pemikiran tokoh Islam yang berjuang, dan
dapat dikatakan bahwa pendidikan Islam yang dilakukan pada masa kini berpotensi
memiliki pengaruh dari buah pikir dari para tokoh masa lalu. Dalam penelitian ini
telah membahas dari pokok-pokok kajian teoritis dari pemikiran Syekh Yusuf alMakassari terhadap pendidikan Islam. Syekh Yusuf merupakan seorang tokoh,
ulama, sufi dan pejuang yang sangat berperan terhadap pendidikan Islam. Dengan
pokok pemikirannya dapat dijadikan rujukan dalam pendidikan Islam masa kini
terutama kepada anak didik yang sedang menjalani masa pendidikan. Dalam
pendidikannya beliau telah mengembara untuk menuntut ilmu sampai
meninggalkan tanah air bahkan sampai negeri Yaman, Syiria, dan Timur Tengah
lainnya. Beliau telah menulis puluhan karya-karyanya meskipun dari beberapa
karyanya masih banyak yang belum tercatat. Dan perjuangannya pun beliau adalah
seorang pahlawan tanah air maupun negeri Afrika Selatan hingga ia wafat disana.
Beliau wafat pada tahun 1699 di Cape Town Afrika Selatan. Selama 4 tahun disana
ia telah membangun sebuah komunitas muslim, sehingga pemerintah afrika Selatan
memberikan gelar pahlawan nasioanal kepadanya.Dalam penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian library research sebagai
metode untuk menganalisa sumber pemikirannya dari beberapa kitabnya. Salah satu
kitab yang dijadikan bahan referensi dalam penelitian ini adalah kitab Zubdat alAsrar dan buku-buku, artikel, jurnal dan referensi lainnya yang berkorelasi dengan
pemikiran pendidikan Islam Syekh Yusuf. Hasil dari penelitian skripsi ini adalah
bahwa pemikiran pendidikan Islam Syekh Yusuf merupakan pendidikan Islam yang
memiliki corak tasawuf, sehingga dalam ajarannya memiliki pendalaman
pendidikan jasmani maupun rohani dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada
Allah yang berlandaskan al-Quran dan Sunnah. Dalam pengembangan
pemikirannya dapat diimplementasikan kepada masyarakat maupun lembaga
pendidikan Islam, salah satunya adalah dengan menanamkan nilai-nilai
pemikirannya baik akhlak, etika, sejarahnya, dan perjuangannya terhadap anak
didik maupun masyarakat.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Hadi Rahman 1803020044 |
Pengarang |
Hadi Rahman - Personal Name Karmawan - Personal Name Aslihatul Rahmawati - Personal Name Siti Munawati - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name M.Asep Rahmatullah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2204401 HAD p |
Subyek |
Pendidikan Islam
|
Klasifikasi |
AI2204401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 149 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001 / Pembimbing 2 :Aslihatul Rahmawati 0409059102 / Penguji 1 : Siti Munawati 0419087402 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : M.Asep Rahmatullah 0421028903 |