Efektivitas model yanbu'a dalam thoriqoh membaca AL-Qur'an anak Di Pondok Pesantren Tahfidz Manba'ul Qur'an Kelurahan Batujaya Kota Tangerang
Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang bukan hanya sebagai sekedar
pedoman hidup, tapi juga harus mewajibkannya untuk membaca, mempelajari dan
mengamalkan seluruh bagian dalam Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’a bukan sekedar
perintah saja, melainkan kita tentu wajib untuk mempelajari bacaan Al-Qur’an
guna untuk mengetahui bagaimana cara membaca dengan benar dan baik, sesuai
Makhraj huruf dan Hukum Tajwid. Thoriqoh sendiri secara bahasa artinya sebuah
jalan atau tata cara untuk melakukan suatu kepada tujuan yang diinginkan.
Sebagian besar masyarakat terutama anak-anak di desa Kelurahan Batujaya
memiliki antusias tinggi untuk membaca Al-Qur’an. Ada banyak anak belajar
dengan berbagai thoriqoh/tata cara atau model membaca Al-Qur’an seperti
Qira’at, Tartil, Tilawah, Yanbu’a dan lain sebagainya. Tapi masih banyak anak
yang masih salah dalam membaca, tidak sesuai makhrajil huruf, dan belum
menguasai tajwid dengan benar.
Penelitian ini menjelaskan tentang Efektivitas Model yanbu’a dalam Thoriqoh
membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Thafidz Manba’ul Qur’an Kelurahan
Batujaya Tangerang. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan pelaksanaan model Yanbu’a pada Pondok Pesantren Tahfidz
Manbua’ul Qur’an, dan efektifivitasnya serta optimalisasi dalam membaca AlQur’an dengan model Yanbu’a. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
Kualitatif Pustaka (library/book research). Teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
(1) Proses membaca Al-Quran menggunakan model Yanbu’a sudah berjalan
dengan baik sesuai prosedur tata cara pengajaran yang sudah ditentukan
dalam kitab Yanbu’a.
(2) Anak-anak lebih memilih model ini karena merasa lebih cepat dan mudah
dipahami. Anak-anak mulai terbiasa dan semakin baik melafalkan huruf.
Terutama huruf خ kha, ذ dza, dan ث tsa. Juga hampir sudah mengerti
Hukum Tajwid dan paham cara membacanya, seperti hukum bacaan Qalqalah,
mad-mad dan lainnya.
(3) Terdapatnya kerja sama antar guru dan santri Pondok Pesantren untuk
mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran model Yanbu’a kepada anak-anak.
Adanya pengukuran tingkat kemampuan anak terlebih dahulu sebelum benarbenar diajarkan, serta selalu membantu memberi motivasi untuk anak-anak.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Farina Diahayuningtyas 101101018086 |
Pengarang |
Farina Diahayuningtyas - Personal Name Neni Nuraeni - Personal Name Karmawan - Personal Name Siti Munawati - Personal Name Faiz Fikri Al Fahmi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2210701 FAR p |
Subyek |
Anak Al- Qur'an Yanbu'a
|
Klasifikasi |
AI2210701 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 62 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001 / Pembimbing 2 :Neni Nuraeni 8881460018 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Siti Munawati 0419087402 / Penguji 3 : Faiz Fikri Al Fahmi 0410089101 |