Detail Cantuman

Pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam dalam upaya pengembangan modernisasi (pembaruan) pendidikan Islam di Indonesia

Pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam dalam upaya pengembangan modernisasi (pembaruan) pendidikan Islam di Indonesia


Pada awal abad 20, lembaga pendidikan di Indonesia mempunyai dua pendidikan
yang berbeda yaitu pendidikan tradisional dan pendidikan sekuler. Pendidikan
tradisional adalah lembaga pendidikan pesantren yang dikelola oleh umat Islam atau
ulama-ulama Muslim dan hanya diajarkan ilmu agama saja. Sedangkan, pendidikan
sekuler adalah pendidikan sekolah umum yang dikelola oleh pemerintah Hindia
Belanda dan hanya diajarkan ilmu pengetahuan umum saja. Pada awal abad 20
masyarakat Muslim beranggapan bahwa akan dianggap kafir apabila anak-anaknya
dimasukkan ke sekolah pemerintah Hindia Belanda yang memakai sistem Barat yaitu
bercelana panjang, berjas, berdasi dan lain sebagainya. Anggapan ini membawa
pengaruh besar terhadap ekonomi Muslim yang mengakibatkan masyarakat Muslim
tidak memiliki akses ke sektor-sektor pemerintahan dan perusahaan-perusahaan
swasta.
Untuk memperbaiki kondisi pendidikan umat Islam di Indonesia khususnya umat
Muslim, maka salah satu tokoh pembaruan yaitu KH Ahmad Dahlan pendiri
organisasi Muhammadiyah 1912 yang berasal dari Kauman Yogyakarta, juga terkenal
sebagai seorang aktivis sosial keagamaan menawarkan sistem pendidikan baru
dengan mengkolaborasikan ilmu agama dan ilmu umum. Menurutnya hanya melalui
pendidikan seperti ini, kondisi umat Islam di Indonesia dapat berkembang lebih baik
secara ekonomi-pendidikan dan pendidikan-ekonomi.
Melalui Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan mendirikan sekolah-sekolah model
Belanda yang mengkolaborasikan ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. Adapun
yang diterapkan KH Ahmad Dahlan pada sekolah Muhammadiyah meliputi
pembaruan tujuan pendidikan, pembaruan materi/kurikulum pendidikan, metode
pengajaran, dan pembaruan manajemen lembaga pendidikan, dengan tujuan peserta
didik mempunyai wawasan yang luas dan ahli dalam segala bidang ilmu
pengetahuan, baik umum maupun agama, sehingga peserta didik dapat
mengembangkan atau mengamalkan ajaran-ajaran/teori yang diajarkan pendidik,
serta tidak mengikuti pandangan orang lain tanpa tahu alasannya (taqlid) dan peserta
didik harus menamamkan jiwa sosila, moral dan beragama pada kehidupan seharihari.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Hardiansyah
Pengarang Hardiansyah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1806801 HAR p
Subyek Pendidikan Islam
Pemikiran KH Ahmad Dahlan
Pengembangan Modernisasi
Klasifikasi AI1806801
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xi + 87 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id