Detail Cantuman

Pengaruh metode index card match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Kelas VII SMPN 18 Kota Tangerang

Pengaruh metode index card match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Kelas VII SMPN 18 Kota Tangerang


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Tangerang penelitian ini
karena menurut peneliti, metode yang tepat dapat menciptakan situasi belajar yang
menyenangkan dan mendukung kelancaran proses pembelajaran sehingga peserta
didik lebih termotivasi dalam belajar. Pemilihan metode pembelajaran perlu
memperhatikan beberapa hal seperti materi yang disampaikan, tujuannya, waktu
yang tersedia, dan banyaknya peserta didik serta hal-hal yang berkaitan dengan
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya
pengaruh metode pembelajaran Index Card match terhadap hasil belajar peserta
didik kelas VII di SMP negeri 18 kota Tangerang. (2) besarnya pengaruh metode
pembelajaran Index Card match terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di
SMP negeri 18 kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam metode penelitian
ini adalah metode penelitian lapangan atau kuantitatif. Penelitian ini menggunakan
rumus kolerasi product moment untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta,
dan informasi yang berkaitan dengan variabel yang menjadi pembahasan penelitian.
Sedangkan instrument penelitian ini menggunakan angket (kuesioner), peneliti
membuat 10 pertanyaan untuk masing masing variabel X dan Y. berdasarkan hasil
ujicoba yang diperoleh realibilitas terdapat pengaruh metode index card match
terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 18 Kota Tangerang. Koefisien korelasi
sebesar 0,44 dan koefisien determinasi yaitu sebesar 19,36% yang menunjukan
bahwa taraf sedang. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh
thitung 4.0674 ≥ ttabel 166.757. dengan demikian Hᴏ: Metode Pembelajaran Index card
match tidak memiliki Pengaruh Terhadap hasil belajar Peserta didik Kelas VII di
SMPN 18 Kota Tangerang. Ha: Metode pembelajaran index card match memiliki
Pengaruh Terhadap hasil belajar Peserta didik Kelas VII di SMPN 18 Kota
Tangerang. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, maka terdapat pengaruh
metode Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ahamd Fadillah Zulfikar 1803020056
Pengarang Ahmad Haromaini - Personal Name
Ahmad Fadillah Zulfikar - Personal Name
IRAWAN - Personal Name
Faiz Fikri Al Fahmi - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF AI2205601 AHM p
Subyek Pendidikan Agama
Index Card Match
Klasifikasi AI2205601
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xiv + 97 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Irawan 0417068703 / Pembimbing 2 :Faiz Fikri Al Fahmi 0411078204 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id