Detail Cantuman

Pengaruh metode Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Kamil di Jatiuwung Kota Tangerang

Pengaruh metode Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Kamil di Jatiuwung Kota Tangerang


Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Kamil Kecamatan
Jatiuwung Kota Tangerang dengan maksud untuk mengetahui pengaruh metode
Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode Jigsaw yang
termasuk variabel X (variabel bebas) terhadap hasil belajar yang merupakan
variabel Y (variabel terikat).
Salah satu faktor rendahnya hasil belajar peserta didik salah satunya
dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar. Sehingga guru harus menggunakan metode yang menarik dalam
pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh dan memiliki ketertarikan dengan
mata pelajaran tersebut yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar peserta didik, salah satu metode pembelajaran yang
dapat digunakan adalah Metode Jigsaw.
Disini peneliti akan melihat pengaruh metode Jigsaw terhadap
peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan dalam penyampaian
materi dalam pembelajaran di MTs Al-Kamil Jatiuwung Kota Tangerang.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, yang
bertujuan untuk melihat pengaruh atau hubungan antara dua variabel. Populasi
dalam penelitian ini adalah kelas VIII peserta didik MTs Al-Kamil Jatiuwung
Kota Tangerang sebanyak 104 orang dengan jumlah sampel sebanyak 50 peserta
didik dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling.
Dari perhitungan maka didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan metode
Jigsaw dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist,
karena nilai yang didapat dari adalah 4,325 lebih besar dari yaitu
1,677, dengan nilai interval 0,40 – 0,599 yang berarti pengaruhnya sedang,
demikian juga dengan perhitungan koefesien determinasi sebesar 28% dan sisanya
72% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak peneliti teliti.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Almaidah
Pengarang Almaidah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1800301 ALM p
Subyek Metode Jigsaw
Hasil Belajar Peserta Didi
Al-Qur’an
Hadist
Klasifikasi AI1800301
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xviii + 90 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id