Pengaruh shalat dzuhur berjamaah terhadap nilai afektif siswa kelas XI IPA di SMA Paradigma Mauk
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Shalat Dzuhur
Berjamaah Terhadap Nilai Afektif Siswa Kelas XI Ipa di SMA Paradigma Mauk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan deskriptif analisis kuantitatif, yaitu analisis berbasis angka-angka
dengan menerapkan perhitungan statistik. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara observasi,
wawancara dan penyebaran angket.
shalat berjamaah memiliki peranan penting sebagai pengontrol diri bagi
anak yang sedang dalam masa pubertas atau masuk pada masa remaja awal
dimana jiwanya masih labil karena sikap dan pendirian anak sering mudah
terpengaruh oleh angan-angan yang bersifat khayali yang tidak sesuai dengan
kenyataan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, shalat dzuhur berjamaah dengan nilai
afektif tidak mempunyai hubungan yang kuat. Hal ini terlihat dari Koefisien
korelasi antara variabel x dan y diperoleh nilai korelasi sebesar -0,027dari
responden yang berjumlah 32. Hal ini berarti jika diinterpretasikan merupakan
korelasi yang sangat rendah karena berada pada interval 0,00-0,199. Adapun
besar presentase pengaruh shalat dzuhur berjamaah terhadap nilai afektif siswa di
SMA Paradigma Kabupaten Mauk adalah sebesar 1,5% dan sisanya 98,5%
dipengaruhi oleh faktor lain.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Agus Rahman Salim |
Pengarang |
Agus Rahman Salim - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1805001 AGU p |
Subyek |
Shalat Dzuhur Berjamaah Nilai Afektif Siswa
|
Klasifikasi |
AI1805001 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xix + 98 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|