Detail Cantuman

Penerapan metode gradual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Tarbiyyah Islamiyah Kecamatan Benda Kota Tangerang

Penerapan metode gradual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Tarbiyyah Islamiyah Kecamatan Benda Kota Tangerang


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik
dalam mata pelajaran fiqih yang menggunakan metode gradual dengan yang
diajarkan metode konvesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Quasi Eksperimen dengan dengan desain NonRondomize control grouf prestestpostest desain. Subjek penelian ini sebanyak 60 orang peserta didik dari 30 untuk
kelas Eksperimen dan 30 kelas control yang di peroleh dengan teknik proposive
sampling pada peserta didik kelas X MA.Tarbiyyah islamiyah kecamatan kota
tangerang
pengumpulan data setelah diberikan perlakuan diperoleh dari nilai tes kognitif
yang diberikan sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian
menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar fiqih antara peserta didik yang
menggunakan metode gradual dengan peserta didik yang menggunaka metode
konvesional. Nilai rata-rata peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan
metode gradual lebih tinggi nilai rata-ratanya yaitu 79,5. Sedangkan siswa yang
menggunakan metode konvesional nilai rata-ratanya lebih kecil yaitu 69,9. Dengan
demikian hasil belajar pada mata pelajaran fiqih peserta dapat ditingkatkan dengan
menggunakan metode gradual di MA.Tarbiyyah Islamiyah kecamatan benda kota.
Tangerang.Harapan saya mudah-mudahan metode gradual yang saya pakai dapat
membawa manfaat bagi pengajar khususnya di MA. Tarbiyyah Islamiyah
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan perpustakaan denagan
mengumpulkan data-data dan mengadakan studi penelahaan terhadap buku-buku dan
laporan-laporan yang ada hubungannya di sekolah saya teliti, dalam
mengembangakan kinerja guru dalam mendidik peserta didik yang lebih baik dan
benar, untuk meningkatkan motifasi dalam belajar agama Islam.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Agus Akif
Pengarang Agus Akif - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1801801 AGU p
Subyek Metode Gradual
hasil Belajar Peserta Didik
Fiqih
Klasifikasi AI1801801
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xii + 72 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id