Detail Cantuman

Penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 24 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2018/2019

Penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 24 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2018/2019


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X
IPS Di SMAN 24 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2018/2019. penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan
Teknik Simple Random Sampling dengan sampel yang diteliti sebanyak 78 siswa
yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Penelitian
ini menggunakan Quasi Eksperimen. Variabel perilaku: Metode Think Talk Write.
Variabel terikat: Hasil Belajar, instrumen penelitian menggunakan tes berbentuk
pilihan ganda. Intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan di SMAN 24
Kabupaten Tangerang kepada 39 siswa. Uji instrument dengan uji validitas, uji
realibilitas, uji t. uji validitas intrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus
korelasi point biserial diperoleh 20 soal yang valid dari 20 soal yang diujikan dan
realibilitas dengan rumus KR=20 diperoleh nilai 0,896 > 0,6 menujukan bahwa soal
reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji
normalitas dan homogenitas dengan menggunakan SPSS diperoleh hasil bahwa
kedua kelas normal dan homogen. Setelah itu dilanjutkan dengan uji hipotesis
dengan sistem SPSS Independent Sample Test menunjukan thitung > ttabel (2,731>
1,992), yang berarti Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata
hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol . yang berarti model
Think Talk Write mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap hasil
belajar.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Istiana Qodiasih - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF EK18006108 IST p
Subyek Hasil Belajar
Model Pembelajaran Think Talk Write
Klasifikasi EK18006108
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik x + 59 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id