Pengaruh model pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2018/2019
Dian Agustina Alrian, NIM : 1405010060, Pengaruh Model
Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA Di SMA
Negeri 24 Kabupaten Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program
Studi Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam
Syekh- Yusuf Tangerang, Agustus 2018.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT),
Kemampuan Berpikir Kritis, SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan yang
signifikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dengan kemampuan
berpikir kritis yang menggunakan metode pembelajaran ceramah kelas XI MIPA
SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan quasi eksperimental design dan teknik pengumpulan data berupa
tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini
terdiri dari kelas XI MIPA 1 – 4, kemudian ditetapkan sampel dengan
menggunakan teknik purposive sampling. sehingga sampel yang digunakan yaitu
kelas eksperimen (XI MIPA 3) terdiri dari 34 siswa dan kelas kontrol
(XI MIPA 4) terdiri dari 34 siswa. Hasil perhitungan ternyata terdapat perbedaan
yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara
kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Deep
Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dengan kemampuan berpikir kritis siswa
yang menggunakan metode pembelajaran ceramah kelas XI MIPA. Berdasarkan
hasil penelitian menggunakan sistem SPSS independent samples t test
menunjukan nilai sebesar 2,570 dimana thitung > ttabel (2,570 > 1,996). Hal ini dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa
di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang berarti bahwa terdapat perbedaan
signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model
pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dengan kemampuan
berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah kelas XI
MIPA pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang.
Detail Information