Analisis strategi pemasaran (segmentation, targeting, dan positioning) dalam upaya peningkatan penjualan di Toko Buket Bunga Cece Florist Kabupaten Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran khususnya strategi segmentation, targeting dan positioning sebagai upaya peningkatan penjualan pada Toko Buket Bunga Cece Florist Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sumber data dengan pertimbangan tertentu dengan memilih 3 orang informan yang terdiri dari 1 orang informan kunci dan 2 informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Cece Florist dalam hal strategi segmentation menggunakan dasar segmentasi geografis, demografis dan psikografis hal tersebut berpengaruh pada peningkatan penjualan, pada tahun 2019 terjadi peningkatan penjualan sebesar 92,3%, tahun 2020 terjadi penurunan penjualan sebesar 26%, dan pada tahun 2021 terjadi peningkatan penjualan sebesar 55,8%. Strategi targeting yang digunakan yaitu diferensiasi segmen dan consentrate marketing, hal tersebut dikatakan sudah cukup baik meskipun belum maksimal, dikarenakan presentase pencapaian target penjualan pada tahun 2018 telah mencapai 62,4%, tahun 2019 sebesar 100%, tahun 2020 sebesar 63,4% dan tahun 2021 sebesar 86,5%. Strategi positioning yang berpengaruh pada peningkatan penjualan diantaranya yaitu penetapan posisi pasar berdasarkan atribut, manfaat dan harga
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Isnaeni Pangestika 1806010281 |
Pengarang |
Isnaeni Pangestika - Personal Name Budiastuti Fatkar - Personal Name Sutarjo - Personal Name Juwita Qadarsi - Personal Name Muhammad Nur - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MJ2228103 ISN i |
Subyek |
Positioning Segmentation Targeting
|
Klasifikasi |
MJ2228103 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi+ 77 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Budiastuti Fatkar 0406105801 / Pembimbing 2 : Muhammad Nur 0407046104 / Penguji 1 : Sutarjo / Penguji 2 : Juwita Qadarsi / Penguji 3 : Muhammad Nur 0407046104 |