Detail Cantuman

Analisis kualitas pelayanan berdasarkan survei tingkat kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor pada Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang

Analisis kualitas pelayanan berdasarkan survei tingkat kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor pada Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Unit
Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT SAMSAT)
Balaraja Kabupaten Tangerang diukur berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat
menggunakan metode Survei Kepuasan Masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan analisis nilai Survei Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam
bentuk angka. Penelitian dilakukan di UPT SAMSAT Balaraja Kabupaten
Tangerang pada bulan Maret hingga Agustus 2018. Teknik sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan
kuesioner atau angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment
Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM) untuk pelayanan UPT SAMSAT Balaraja adalah 3,18 dengan angka
konversi sebesar 79,47. Maka kinerja pelayanan publik berada dalam kategori
mutu pelayanan baik. Hasil dari 9 indikator Survei Kepuasan Masyarakat dengan
range nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut: (1) persyaratan pelayanan
memiliki nilai SKM sebesar 80,50 dengan kategori baik; (2) sistem, mekanisme
dan prosedur pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 82,00 dengan kategori sangat
baik; (3) waktu penyelesaian pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 80,25 dengan
kategori baik; (4) biaya tarif pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 80,75 dengan
kategori baik; (5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai SKM sebesar
82,50 dengan kategori sangat baik; (6) kompetensi pelaksana pelayanan memiliki
nilai SKM sebesar 82,00 dengan kategori sangat baik; (7) perilaku pelaksana
pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 82,00 dengan kategori sangat baik; (8)
penanganan, pengaduan, saran dan masukan memiliki nilai SKM sebesar 76,75
dengan kategori baik; (9) sarana dan prasarana memiliki nilai SKM sebesar 76,00
dengan kategori baik


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rysdana Lifian - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AN1805805 RYS a
Subyek SAMSAT
Pelayanan Publik
Survei Kepuasan Masyarakat
Wajib Pajak
Klasifikasi AN1805805
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xiv + 101 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id