Analisis kualitas pelayanan berdasarkan survei tingkat kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor pada Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT SAMSAT) Balaraja Kabupaten Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Unit
Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT SAMSAT)
Balaraja Kabupaten Tangerang diukur berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat
menggunakan metode Survei Kepuasan Masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan analisis nilai Survei Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam
bentuk angka. Penelitian dilakukan di UPT SAMSAT Balaraja Kabupaten
Tangerang pada bulan Maret hingga Agustus 2018. Teknik sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan
kuesioner atau angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment
Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM) untuk pelayanan UPT SAMSAT Balaraja adalah 3,18 dengan angka
konversi sebesar 79,47. Maka kinerja pelayanan publik berada dalam kategori
mutu pelayanan baik. Hasil dari 9 indikator Survei Kepuasan Masyarakat dengan
range nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut: (1) persyaratan pelayanan
memiliki nilai SKM sebesar 80,50 dengan kategori baik; (2) sistem, mekanisme
dan prosedur pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 82,00 dengan kategori sangat
baik; (3) waktu penyelesaian pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 80,25 dengan
kategori baik; (4) biaya tarif pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 80,75 dengan
kategori baik; (5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai SKM sebesar
82,50 dengan kategori sangat baik; (6) kompetensi pelaksana pelayanan memiliki
nilai SKM sebesar 82,00 dengan kategori sangat baik; (7) perilaku pelaksana
pelayanan memiliki nilai SKM sebesar 82,00 dengan kategori sangat baik; (8)
penanganan, pengaduan, saran dan masukan memiliki nilai SKM sebesar 76,75
dengan kategori baik; (9) sarana dan prasarana memiliki nilai SKM sebesar 76,00
dengan kategori baik
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Rysdana Lifian - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN1805805 RYS a |
Subyek |
SAMSAT Pelayanan Publik Survei Kepuasan Masyarakat Wajib Pajak
|
Klasifikasi |
AN1805805 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiv + 101 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|