Implementasi pelayanan publik studi kasus tentang pengelolaan dana zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik
pada BAZNAS Kota Tangerang. Dengan harapan dapat membantu persoalanpersoalan hidup mustahiq di Kota Tangerang.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yang mengacu pada
pendapat Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. Pengukuran kualitas pelayanan ini
didasarkan kepada lima dimensi kualitas pelayanan publik, dan dalam
pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampling snowball yang
dilakukan secara bergulir dimulai dari pengamatan lokasi tempat pelayanan
dan wawancara mendalam kepada pegawai yang kemudian berlanjut kepada
maysarakat (mustahiq), sebagai penerima layanan dan berakhir di pimpinan
tertinggi lembaga BAZNAS. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu
berjumlah sepuluh orang untuk yang terdiri dari tujuh (7) orang Mustahiq dan
tiga (3) orang pegawai BAZNAS, teknik pengambilan dan pengolahan data
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu data yang telah didapatkan
kemudian ditarik kesimpulan dari penelitian tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada uji coba teori servqual di Kantor
BAZNAS Kota Tangerang termasuk dalam kategori cukup baik, dengan
pernyataan kesimpulan dari penelitian tersebut maka dalam hal pelayanan
publik masih perlu di lakukan peningkatan kualitas pelayanan publik pada
Kantor BAZNAS Kota Tangerang .
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Puryanti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN1801505 PUR i |
Subyek |
Pelayanan Publik Pengelolaan Dana Zakat BAZNAS
|
Klasifikasi |
AN1801505 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xi + 109 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|