Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas masyarakat pada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Barat
Judul skripsi : “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Masyarakat
Pada Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta
Barat”. Populasi pada penelitian ini berjumlah 750 masyarakat, teknik sampel
yang digunakan adalah teknik sampling accidental. Hal ini sering dilakukan bila
jumlah populasi relatif kecil. Istilah lain sampel accidental adalah secara
kebetulan, maka sampel yang diambil berjumlah 88 responden. Adapun yang
menjadi responden pada penelitian adalah masyarakat Dinas Penanggulangan
Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dua variabel
dalam populasi yang akan diuji melalui hubungan antara variable dalam sampel
yang diambil dari populasi tersebut dengan menggunaka nanalisa statistk.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi
lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Data yang
terhimpun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, validitas, dan reliabilitas,
setelah normal, valid, dan reliable, maka data disebarkan untuk penelitian. Data
yang diperoleh kemudian dianalsis menggunakan SPSS 23.00 dengan teknik
dengan korelasi Product Momen Pearson dan dengan dilanjutkan pengujian
regresi. Hipotesis yang peneliti ajukan adalah: “Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Masyarakat Pada Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan
Penyelamatan Kota Jakarta Barat”.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan:
1. Kualitas Pelayanan Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan
Kota Jakarta Barat yaitusebesar 84% dari kriteria yang ditetapkan, hasil ini
didasarkan atas rekapitulasi hasil penelitian dari variabel bebas.
2. Loyalitas Masyarakat Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan
Kota Jakarta Barat yaitu sebesar 83% dari kriteria yang ditetapkan, hasil ini
didasarkan atas rekapitulasi hasil penelitian variabel terikat.
3. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Masyarakat Dinas
Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta Barat yaitu:
(a) Uji koefesien korelasi diperoleh skor nilai sebesar 0,435 memiliki tingkat
hubungan kuat berada pada posisi interval 0,40–0,599; (b) Uji koefesien
determinasi
= kualitas pelayanan Dinas Penanggulangan
Kebakaran Dan Penyelamatan memberikan konstribusi sebesar 18,9%
terhadap loyalitas masyarakat dan sebesar 40% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti (epsilon = Ԑ); (c) Uji regresi liniear sederhana Y = 8,136
+ 0,402 (1) meningkatkan kualitas pelayanan akan naik sebesar 8,538 jika
kinerja berubah sebesar 1 point. Hal ini membuktikan bahwa variabel
independen (X) searah terhadap naiknya dan turunnya variabel dependen
(Y); (d) Uji signifikan (t hitung) (4,477) > (t tabel) (1,988), Ho ditolak dan
Ha diterima, maka hipotesis yang peneliti kemukakan terbukti kebenarannya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Fitri Astuti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN1801405 FIT p |
Subyek |
Pelayanan Loyalitas
|
Klasifikasi |
AN1801405 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
x + 101 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|