Detail Cantuman

Rancang bangun aplikasi layanan pengaduan masyarakat menggunakan konsep e-government berbasis web di Desa Suka Asih

Rancang bangun aplikasi layanan pengaduan masyarakat menggunakan konsep e-government berbasis web di Desa Suka Asih


Pengaduan masyarakat atau penyampaian aspirasi dan keluhan ialah hal yang penting dalam suatu lembaga, karena dengan menyampaikan aspirasi tersebut, suatu lembaga dapat meningkatkan kualitas. Pelayanan pengaduan masyarakat Desa Suka Asih masih melakukan secara manual, yaitu menyampaikan melalui rukun tetangga terlebih dulu baru disampaikan ke kelurahan atau Kepala Desa. Sehingga memakan waktu lebih lama untuk proses menanggapi pengaduan tersebut. Permasalahan selama ini yang dihadapi merupakan keterlambatan penanganan layanan pengaduan kepada staf, dikarenakan kurangnya informasi. Dalam sistem yang berjalan, penyampaian aspirasi tidak berjalan secara maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan, sehingga kelurahan Desa Suka Asih membutuhkan sistem layanan pengaduan masyarakat berbasis web dengan konsep E-Government yang bertujuan memudahkan staf dalam menanggapi pengaduan atau aspirasi dari masyarakat desa dan memberikan informasi serta layanan dari pemerintah pada warga,. Penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Sedangkan metode perancangan yang digunakan ialah metode Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, dan pemeliharaan. Berdasarkan fakta dan permasalahan diatas penulis ingin mencoba untuk memberikan sebuah solusi yaitu dengan merancang suatu aplikasi layanan pengaduan masyarakat pada Desa Suka Asih berbasis web dengan konsep E-Government. Penulis berharap bisa membantu memudahkan dalam pengaduan ataupun aspirasi masyarakat kepada kepala Desa.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Anisa Zahra 1804030068
Pengarang Anisa Zahra - Personal Name
Djamaludin - Personal Name
Taufik Hidayat - Personal Name
Silvia Ayunda Murad - Personal Name
Mohammad Ridwan - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF TI2206809 ANI r
Subyek aplikasi layanan pengaduan masyarakat
konsep e-government
Klasifikasi TI2206809
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Teknik / Teknik Informatika
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xvii+ 56 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Mohammad Ridwan 0412118802 / Pembimbing 2 : Djamaludin 0409027305 / Penguji 1 : Taufik Hidayat 0424047905 / Penguji 2 : Silvia Ayunda Murad 0409088106 / Penguji 3 : Mohammad Ridwan 0412118802

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id