Pengaruh pembelajaran jarak jauh ( daring) terhadap motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMK Binusta Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang
Pembelajaran jarak jauh adalah sistem pembelajaran yang memberikan
keleluasaan peserta didik untuk menerima suatu proses pendidikan yang sesuai
dengan rancangan program belajar yang dalam proses pembelajarannya dilakukan
tidak secara langsung beratatap muka melainkan melalui pembelajaran secara
online. Sehingga dalam pembelajaran jarak jauh inilah dibutuhkan beberapa media
atau alat yang dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran jarak jauh
seperti penggunaan handphone, laptop ataupun alat elektronik dan aplikasi-aplikasi
belajar lainnya yang membutuhkan koneksi dari jejaring internet. Dengan begitu
pembelajaran jarak jauh (daring) yang diterapkan di SMK Binusta ini dapat
mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran jarak jauh (daring)
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMK Binusta Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
yang mengambil populasi dari seluruh peserta didik di SMK Binusta Tangerang,
dengan jumlah sampel sebanyak 50 dari 121 populasi. Metode yang digunakan
ialah dengan menyebarkan kuesioner/angket berdasarkan variabel X dan Y.
Sedangkan rumus yang digunakan ialah korelasi product moment. Dari hasil
penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh realibilitas terdapat pengaruh
pembelajaran pembelajaran jarak jauh (daring) terhadap motivasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Binusta Tangerang
dengan koefisen korelasi sebesar 0,628 dan koefisen determinasi sebanyak 39,40%.
Kemudian hipotesis diuji menggunakan rumus uji t. Setelah dilakukan perhitungan,
diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (5.582>2,011). Dengan demikian Ha yaitu
terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh (daring) terhadap motivasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Binusta
Tangerang diterima, dan Ho ditolak
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Rokhmatun Sadana1803020127 |
Pengarang |
Rokhmatun Sadana - Personal Name Muhamad Mas’ud - Personal Name Karmawan - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name Nur Halimah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2212701 ROK p |
Subyek |
Peserta Didik Pendidikan Agama Daring
|
Klasifikasi |
AI2212701 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxii+ 140 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Muhamad Mas’ud 2003037001 / Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 :Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Nur Halimah 0412029003 |