Detail Cantuman

Pengaruh metode discovery Learning terhadap efektivitas P e m b e l a j a r a n p e s e r t a d i d i k Pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas vii i di MTS Serpong Kota Tangerang Selatan

Pengaruh metode discovery Learning terhadap efektivitas P e m b e l a j a r a n p e s e r t a d i d i k Pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas vii i di MTS Serpong Kota Tangerang Selatan


Penelitian ini dilakukan di MTs Serpong Kota Tangerang Selatan,
penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery
learning terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran
akidah akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dan menggunakan pendeketan penelitian kuantitatif
deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket (Quesioner),
dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah
seluruh peserta didik kelas VIII, dengan jumlah sampel sebanyak 50 sampel dari
115 populasi, maka peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu
random sampling. Sedangkan penelitian menggunakan rumus korelasi product
moment adalah untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta dan informasi
yang berkaitan dengan variabel yang menjadi pembahasan penelitian (X dan Y).
Berdasarkan hasil uji coba diperoleh reabilitas terdapat mengetahui pengaruh
metode discovery learning terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik pada
mata pelajaran akidah akhlak koefisien korelasi sebesar 0,41 dan koefisien
determinasi sebanyak 16,81% yang berarti terdapat pengaruh metode discovery
learning terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran
akidah akhlak. Dengan pembuktian bahwa t
hitung
lebih besar dari ttabel
(3,1119 >
2,0106). Dengan demikian H
a yang menyatakan pengaruh metode discovery
learning terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas VIII Mts Serpong Kota Tangerang Selatan diterima dan
hipotesis H
o
ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara metode
discovery learning terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Serpong Koa Tangerang Selatan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rizky Mubarok 1803020111
Pengarang Rizky Mubarok - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Rosbandi - Personal Name
IRAWAN - Personal Name
Aslihatul Rahmawati - Personal Name
Neni Nuraeni - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2211101 RIZ p
Subyek Peserta Didik
Pembelajaran
Discovery Learning
Klasifikasi AI2211101
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxii+ 110 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001 / Pembimbing 2 : Rosbandi 8846801019 / Penguji 1 : Irawan 0417068703 / Penguji 2 : Neni Nuraeni 8881460018 / Penguji 3 : Aslihatul Rahmawati 0409059102

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id