Pengaruh karakter guru terhadap Motivasi belajar peserta didik pada Mata pelajaran pendidikan agama Islam di smp plus as -sa’adah 2 Kecamatan sukadiri kabupaten Tangerang
Karakter guru di sekolah menjadi contoh bagi peserta didik, guru yang
memiliki karakter kurang baik, cenderung tidak disukai oleh peserta didik apalagi
termotivasi. Untuk itu sebagai guru terlebih guru pendidikan agama Islam agar
dapat memiliki karakter yang baik, karena karakter seorang guru yang tercermin
dalam kesehariannya menjadi salah satu faktor berhasilnya proses belajar
mengajar. Peserta didik akan senang, semangat dan termotivasi untuk belajar di
kelas karena karakter gurunya.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1)
Untuk mengetahui pengaruh karakter guru terhadap motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus As-Sa’adah 2, (2)
Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Plus As-Sa’adah 2.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengambil populasi
dari peserta didik SMP Plus As-Sa’adah 2. Dalam penelitian ini populasi sebesar
417 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
random sampling, dan ukuran sampel yang diambil 12% dari jumlah populasi,
yaitu 50 peserta didik. Metode yang digunakan ialah dengan menyebarkan angket
(kuesioner) berdasarkan variabel X dan Y. Sedangkan rumus yang digunakan
ialah korelasi product moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bisa ditarik kesimpulan
sebagai berikut: diperoleh realibilitas terdapat pengaruh karakter guru terhadap
motivasi belajar peserta didik di SMP Plus As-Sa’adah 2 dengan koefisen korelasi
sebesar 0,511 dan koefisen determinasi sebanyak 26%. Kemudian hipotesis diuji
menggunakan rumus uji t. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh thitung lebih
besar dari ttabel(4,119>2,011). Dengan demikian Ha yaitu terdapat pengaruh
karakter guru terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Plus As-Sa’adah 2
diterima, dan Ho ditolak. Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Plus As-Sa’adah 2 dalam kategori baik, hal
tersebut dapat dilihat dari jawaban paling banyak responden dalam kategori baik
dengan mean nilai skor motivasi belajar peserta didik sebesar 39,54.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Prida Sahana 1803020023 |
Pengarang |
Prida Sahana - Personal Name Muhamad Mas’ud - Personal Name Nur Halimah - Personal Name Karmawan - Personal Name Aslihatul Rahmawati - Personal Name Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2202301 PRI p |
Subyek |
Motivasi Pendidikan Islam
|
Klasifikasi |
AI2202301 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxii+ 105 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Muhamad Mas’ud 0430108703 / Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 3 : Aslihatul Rahmawati 0409059102 |