Pengaruh kedisiplinan guru terhadap Minat belajar peserta didik pada Mata pelajaran akidah akhlak Kelas viii di mts nur as-sholihat Serpong kota tangerang selatan
Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di Madrasah
Tsanawiyah. Membentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia dan memperkuat
keimanan. Seorang muslim yang dermawan selalu berperilaku terpuji, baik ketika
berhadapan dengan Allah SWT, dengan manusia lain, makhluk hidup lain, maupun
dengan alam lingkungan. Oleh karena itu, mewujudkan seorang muslim yang mulia
dalam bentuk tindakan nyata adalah tujuan dari akidah yang berbudi luhur. Dalam
pelaksanaan pembelajaran tersebut sering kali guru mengalami keterlambatan dalam
jam pelajaran atau melebihkan jam pelajaran yang bisa mempengaruhi minat belajar
peserta didik. Penelitian Skripsi ini dilakukan di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota
Tangerang Selatan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Besarnya pengaruh
tingkat kedisiplinan guru di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan (2)
Adanya Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang.
Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengambil populasi dari
peserta didik kelas VIII MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan dengan
jumlah sampel 53 dari 204 populasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah dengan
cara menyebarkan angket (kuesioner) berdasarkan variabel X dan Y. Sedangkan rumus
yang digunakan ialah korelasi product moment. Dari hasil penelitian yang telah
dilaksanakan, diperoleh terdapat pengaruh kedisiplinan guru terhadap minat belajar
peserta didik kelas VIII Ada Terdapat Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Minat
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Nur AsSholihat Serpong Kota Tangerang Selatan koefisien korelasi sebesar 0,60 dan koefisien
determinasi sebesar 36 %, diperoleh dengan taraf signifikan 5% t
hitung
> ttabel
yaitu 5, 352
> 2,007. Dengan demikian hipotesis Ha yang menyatakan bahwa kedisiplinan guru
memiliki pengaruh terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII Ada Terdapat
Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik kelas VIII Pada
Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang
Selatan di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan diterima, sedangkan
hipotesis Ho menyatakan bahwa kedisiplinan guru terhadap minat belajar peserta didik
kelas VIII di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan ditolak.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nur Syifa Hanifah 1803020069 |
Pengarang |
Nur Syifa Hanifah - Personal Name Nur Halimah - Personal Name Siti Munnawati - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name Asep Rahmatullah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2206901 NUR p |
Subyek |
Peserta Didik Akidah Akhlak Kedisiplinan
|
Klasifikasi |
AI2206901 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvii+ 109 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 1 : Siti Munnawati 0419087402 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Asep Rahmatullah 0421028903 |