Pengaruh strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam (pai) terhadap pembentukan karakter religius Peserta didik di sekolah Menengah pertama (SMP) Al-bayyinah Cipondoh Kota Tangerang
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Bayyinah Cipondoh Kota Tangerang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adanya pengaruh strategi pembelajaran guru PAI terhadap karakter religius peserta didik di SMP Al-Bayyinah Cipondoh Tangerang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 50 sampel dari 90 populasi, maka penelitian ini menggunakan metode kuantatif dan dengan teknik pengumpulan data menggunakan alat kuesioner dan observasi. Dan perhitungan populasi dan sampel menggunakan teknik rondom sampling. Dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode kuantitatif dan peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sedangkan penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment adalah untuk memperoleh alat mengumpulkan data, fakta daninformasi yang berkaitan dengan variabel yang menjadi pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrument penelitian ini menggunakan angket (Quesioner) dimana untuk variabel X sebayak 10 item pernyataan dan variabel Y masing-masing 10 item pernyataan. Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh relibilitas terdapat pengaruh strategi pembelajaran guru PAI terhadap karakter religius peserta didik. Koefisien korelasi sebesar 0,54 dan koefisien determinan sebanyak 29,16% yang berarti terdapat pengaruh strategi pembelajaran guru PAI terhadap karakter religius peserta didik di SMP Al-Bayyinah. Dengan membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,4357 > 2,01063). Dengan demikian Ha yang menyatakan pengaruh strategi pembelajaran guru PAI terhadap karakter religius peserta didik di SMP Al-bayyinah diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran guru PAI terhadap karakter religius peserta didik di SMP Al-Bayyinah Cipondoh Kota Tangerang.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Karakter religius
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Hanaul Fatmalia Sahra 1803020096 |
Pengarang |
Hanaul Fatmalia Sahra - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name IRAWAN - Personal Name Aslihatul Rahmawati - Personal Name Neni Nuraini - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2209601 HAN p |
Subyek |
Pendidikan Agama Karakter Pembelajaran
|
Klasifikasi |
AI2209601 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
x+ 114 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Pembimbing 2 : Aslihatul Rahmawati 0409059102 / Penguji 1 : Irawan 0417068703 / Penguji 2 : Neni Nuraini 8881460018 / Penguji 3 : Aslihatul Rahmawati 0409059102 |