Detail Cantuman

Pengaruh pembelajaran pendidikan Agama islam terhadap karakter Peserta didik kelas viii di smp albayyinah kota tangerang

Pengaruh pembelajaran pendidikan Agama islam terhadap karakter Peserta didik kelas viii di smp albayyinah kota tangerang


Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di
SMP Al-Bayyinah. Pendidikan Agama ini adalah dasar dari pembelajaran ilmiah
lainnya, yang akan mengarah pada pembentukan anak-anak dengan kepribadian
agama dan pengetahuan yang tinggi. Jadi memang benar untuk mengatakan
bahwa PAI disekolah adalah pilar utama pendidikan karakter. Pendidikan agama
yang mengajarkan pentingnya penanaman modal berdaasarkan kesadaran agama
pada anak-anak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui apakah ada
pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik
kelas VIII di SMP Al-Bayyinah Kota Tangerang dan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta
didik kelas VIII di SMP Al-Bayyinah Kota Tangerang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau metode kuantitatif dan
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif serta menggunakan
korelasi product moment. Variabel bebas dan terikat pada penelitian ini antara lain
pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam (X), terhadap karakter peserta
didik (Y). Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Al-Bayyinah Kota Tangerang.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, dimana
variabel X dan Y masing-masing memiliki 10 pertanyaan atau pernyataan. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif data, uji hipotesis. Berdasarkan Hasil uji
coba realibitas terhadap pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam
terhadap karakter peserta didik, dilihat dari analisis korelasi dan regresi linear
sederhana bahwa variabel pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki
hubungan signifikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,71 dan koefisien
determinasi sebanyak 50%. Kemudian hipotesis diuji menggunakan rumus uji t.
Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh thitung
(6,085>2,013) dengan demikian
Ha yaitu terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap
karakter peserta didik kelas VIII SMP Al-Bayyinah Kota Tangerang diterima, dan
Ho ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Halimatussadiyah 1803020013
Pengarang Halimatussadiyah - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Hasim - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF AI2201301 HAL p
Subyek Karakter
Pembelajaran
Klasifikasi AI2201301
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xix+ 93 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001 / Pembimbing 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Hasim 8875880018

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id