ANALISA KEMACETAN DI PERSIMPANGAN PERTIGAAN BITUNG TANGERANG (Studi kasus jalan raya Serang KM 10 Tangerang)
Sistem transportasi suatu daerah merupakan kegiatan pergerakan manusia atau menggunakan kendaraan sebagai pengangkut barang dari satu tempat ketempat lain. Berdasarkan hasil pengamatan selama 1 minggu atau 7 hari didapatkan data volume lalu lintas tertinggi berada pada hari kamis sore dimana kepadatan di dominasi jam pulang kantor total dari semua arus yaitu 5082,25 smp/jam Untuk kapasitas jalan sendir dari lajur jalan raya curug yaitu 2371,5 smp/jam dan jalan raya serang sendiri 2400,88 smp/jam per lajur. jumlah antrian kendaraan yang datang selama fase merah (NQ2) adalah 0,934smp/detik dan hijau =230,92smp/jam. Faktor penyesuaian lebar pendekat (FW) W1 = 2,92 m dan tipe simpang IT = 324. = 0,808632 M Berdasarkan data yang saya rangkup di atas volume lalu lintas dengan kapasitas persimpangan tidak sesuai dimana selisih volume satuan mobil penumpang lebih tinggi hingga 2 kali lipat dari total yang seharusnya melewati persimpangan tersebut. Desain geometrik jalan yang kurang memadai, seperti kurang lebarnya badan jalan pada tiap lajur, tidak ada tempat berhenti atau parkir khusus disisi jalan sehingga kendaraan yang berhenti untuk menaik turunkan penumpang harus berhenti dibadan jalan dan angkutan besar dapat melintasi jalan ini setiap saat sehingga menyebabkan arus lalu-lintas terhambat dilihat kapasisitas di pembahasan volume kendaran dengan kapasitas simpang sangat berbeda jauh. perlu dilakukan kajian rekayasa lalu-lintas dengan melibatkan jalan yang terhubung persimpangan pertigaan bitung agar dapat dilakukan pengalihan arus saat terjadi kemacetan ataupun pengendalian lalu-lintas dengan sistem Flyover ataupun underpass
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Lukman Nurharis 1804040015 |
Pengarang |
Lukman Nurharis - Personal Name Sutresna Juhara - Personal Name Djamaludin - Personal Name Asri Nurhafsari - Personal Name Johan Budiman - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF TS2201512 LUK a |
Subyek |
Analisa Persimpangan Pertigaan
|
Klasifikasi |
TS2201512 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Teknik / Teknik Sipil |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
45 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Sutresna Juhara 0011106002 / Pembimbing 2 : Johan Budiman 0429046401 / Penguji 1 : Djamaludin 0409027305 / Penguji 2 : Asri Nurhafsari 0410079002 / Penguji 3 : Johan Budiman 0429046401 |