Detail Cantuman

Efektivitas model yanbu’a dalam Thoriqoh membaca al - qur’an anak di Pondok pesantren tahfidz manba’ul Qur’an kelurahan batujaya kota Tangerang

Efektivitas model yanbu’a dalam Thoriqoh membaca al - qur’an anak di Pondok pesantren tahfidz manba’ul Qur’an kelurahan batujaya kota Tangerang


Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang bukan hanya sebagai sekedar
pedoman hidup, tapi juga harus mewajibkannya untuk membaca, mempelajari dan
mengamalkan seluruh bagian dalam Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’a bukan sekedar
perintah saja, melainkan kita tentu wajib untuk mempelajari bacaan Al-Qur’an
guna untuk mengetahui bagaimana cara membaca dengan benar dan baik, sesuai
Makhraj huruf dan Hukum Tajwid. Thoriqoh sendiri secara bahasa artinya sebuah
jalan atau tata cara untuk melakukan suatu kepada tujuan yang diinginkan.
Sebagian besar masyarakat terutama anak-anak di desa Kelurahan Batujaya
memiliki antusias tinggi untuk membaca Al-Qur’an. Ada banyak anak belajar
dengan berbagai thoriqoh/tata cara atau model membaca Al-Qur’an seperti
Qira’at, Tartil, Tilawah, Yanbu’a dan lain sebagainya. Tapi masih banyak anak
yang masih salah dalam membaca, tidak sesuai makhrajil huruf, dan belum
menguasai tajwid dengan benar.
Penelitian ini menjelaskan tentang Efektivitas Model yanbu’a dalam Thoriqoh
membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Thafidz Manba’ul Qur’an Kelurahan
Batujaya Tangerang. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan pelaksanaan model Yanbu’a pada Pondok Pesantren Tahfidz
Manbua’ul Qur’an, dan efektifivitasnya serta optimalisasi dalam membaca AlQur’an dengan model Yanbu’a. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
Kualitatif Pustaka (library/book research). Teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
(1) Proses membaca Al-Quran menggunakan model Yanbu’a sudah berjalan
dengan baik sesuai prosedur tata cara pengajaran yang sudah ditentukan
dalam kitab Yanbu’a.
(2) Anak-anak lebih memilih model ini karena merasa lebih cepat dan mudah
dipahami. Anak-anak mulai terbiasa dan semakin baik melafalkan huruf.
Terutama huruf خ kha, ذ dza, dan ث tsa. Juga hampir sudah mengerti
Hukum Tajwid dan paham cara membacanya, seperti hukum bacaan Qalqalah,
mad-mad dan lainnya.
(3) Terdapatnya kerja sama antar guru dan santri Pondok Pesantren untuk
mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran model Yanbu’a kepada anak-anak.
Adanya pengukuran tingkat kemampuan anak terlebih dahulu sebelum benarbenar diajarkan, serta selalu membantu memberi motivasi untuk anak-anak


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Faria Diahnayuningtyas 1803020107
Pengarang Faria Diahnayuningtyas - Personal Name
Neni Nuraini - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Siti Munawati - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2210701 FAR e
Subyek Pesantren
Anak
Al-Qur'an
Klasifikasi AI2210701
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xix+ 59 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id