Detail Cantuman

Pengaruh media pembelajaran interaktif Terhadap hasil belajar peserta didik Pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (pai) di kelas xi otkp smk al-gina Pakuhaji kabupaten tangerang

Pengaruh media pembelajaran interaktif Terhadap hasil belajar peserta didik Pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (pai) di kelas xi otkp smk al-gina Pakuhaji kabupaten tangerang


Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang,
penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media
pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang.
Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai sampel ialah peserta didik. Dengan
jumlah sampel sebanyak 56 sampel dari 217 jumlah populasi, maka peneliti
menggunakan teknik random sampling sebagai metode penarikan sampelnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan
penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment untuk memperoleh
hasil dari alat pengumpulan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan
variabel yang menjadi pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrument
penelitian ini menggunakan angket (Quesioner) dimana untuk variabel X sejumlah
10 item pertanyaan dan variabel Y masing-masing 10 item pertanyaan. Berdasarkan
hasil uji coba diperoleh realibilitas terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di kelas XI OTKP SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Koefisien
korelasi sebesar 0,67 dan koefisien determinasi sebanyak 44,89% yang berarti
terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaraan Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI OTKP SMK AlGina Pakuhaji Kabupaten Tangerang dengan pembuktian bahwa Thitung lebih besar
dari Ttabel (6,727 ˃ 2.00488). Dengan demikian Ha yang menyatakan pengaruh
media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI OTKP SMK Al-Gina Pakuhaji
Kabupaten Tangerang diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran interaktif terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas
XI OTKP SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ahmad Ruslandi Azhar 1803020025
Pengarang Ahmad Ruslandi Azhar - Personal Name
Siti Munawati - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Aslihatul Rahmawati - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2202501 AHM p
Subyek Pendidikan
Peserta
Interaktif
Klasifikasi AI2202501
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxii+ 121 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Siti Munawati 0419087402 / Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412019003 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 3 : Aslihatul Rahmawati 0409059102

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id