Detail Cantuman

Pengaruh efektifitas bimbingan belajar Baca tulis al-qur’an (btq) terhadap Peningkatan kemampuan menulis huruf Hijaiyah bersambung melalui metode Imla’ pada peserta didik kelas xi di smas Plus permata insani islamic school Kabupaten tangerang

Pengaruh efektifitas bimbingan belajar Baca tulis al-qur’an (btq) terhadap Peningkatan kemampuan menulis huruf Hijaiyah bersambung melalui metode Imla’ pada peserta didik kelas xi di smas Plus permata insani islamic school Kabupaten tangerang


Penelitian ini dilakukan di sekolah SMAS Plus Permata Insani Islamic School
Kabupaten Tangerang. Populasi sebanyak 196 peserta didik kelas XI SMAS Plus
Permata Insani Islamic School. Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1) adanya pengaruh efektifitas bimbingan belajar BTQ (variabel X).
(2) besarnya pengaruh peningkatan kemampuan menulis huruf Hijaiyah
bersambung melalui metode imla’ (variabel Y). Kemudian diambil sampel yaitu
sebanyak 51 responden, data penelitian ini diambil dari angket yang diisi oleh
peserta didik sebanyak 15 butir pertanyaan untuk variabel X (efektifitas bimbingan
belajar BTQ) dengan pilihan jawaban sebanyak 5 pilihan, yaitu sangat setuju (SS),
setuju (S), ragu-ragu (RR), tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS). Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan menggunakan rumusan product
moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat pengaruh efektifitas
bimbingan belajar BTQ terhadap peningkatan kemampuan menulis huruf Hijaiyah
bersambung melalui metode imla’ pada peserta didik kelas XI di SMAS Plus
Permata Insani Islamic School Kabupaten Tangerang yang signifikan. Dengan
pembuktian hasil thitung adalah 33,432 lebih besar dari ttabel yaitu 2,010, untuk
tingkat kesalahan 5% dan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,979 dan ini masuk
dalam interval koefisien yang Sangat Kuat, kemudian tingkatan pengaruhnya
sebesar 95,8% adapun sisanya 4,2% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh
faktor lain. Kesimpulan yang peneliti simpulkan dalam penelitian ini sebagian
besarnya adalah bahwa melalui penerapan bimbingan belajar BTQ dengan
menggunakan metode imla’, peserta didik kelas XI mampu untuk meningkatkan
kemampuan dalam menulis huruf Hijaiyah bersambung di SMAS Plus Permata
Insani Islamic School Kabupaten Tangerang, dalam penelitian ini penerapan
bimbingan belajar BTQ melalui metode imla’ sangatlah berpengaruh hingga
mencapai indeks angka 95%. Dengan demikian hipotesis Ha menyatakan bahwa
efektifitas bimbingan belajar BTQ memiliki pengaruh terhadap peningkatan
kemampuan menulis huruf Hijaiyah bersambung melalui metode imla’ pada peserta
didik kelas XI di SMAS Plus Permata Insani Islamic School Kabupaten Tangerang
diterima, sedangkan hipotesis Ho menyatakan bahwa efektifitas bimbingan belajar
BTQ tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis huruf Hijaiyah
bersambung melalui metode imla’ pada peserta didik kelas XI di SMAS Plus
Permata Insani Islamic School Kabupaten Tangerang ditolak


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ahmad Hamdani Harahap 1803020064
Pengarang Ahmad Hamdani Harahap - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2206401 AHM p
Subyek Efektifikasi
Peningkatan
Hijaiyah
Klasifikasi AI2206401
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxv+ 158 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Ahmad Haromaini 20030307001 / Pembimbing 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Nur Halimah 0412029003

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id