Pengaruh metode index card match Terhadap hasil belajar peserta didik Pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas vii smpn 18 Kota tangerang
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Tangerang penelitian ini
karena menurut peneliti, metode yang tepat dapat menciptakan situasi belajar yang
menyenangkan dan mendukung kelancaran proses pembelajaran sehingga peserta
didik lebih termotivasi dalam belajar. Pemilihan metode pembelajaran perlu
memperhatikan beberapa hal seperti materi yang disampaikan, tujuannya, waktu
yang tersedia, dan banyaknya peserta didik serta hal-hal yang berkaitan dengan
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya
pengaruh metode pembelajaran Index Card match terhadap hasil belajar peserta
didik kelas VII di SMP negeri 18 kota Tangerang. (2) besarnya pengaruh metode
pembelajaran Index Card match terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di
SMP negeri 18 kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam metode penelitian
ini adalah metode penelitian lapangan atau kuantitatif. Penelitian ini menggunakan
rumus kolerasi product moment untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta,
dan informasi yang berkaitan dengan variabel yang menjadi pembahasan penelitian.
Sedangkan instrument penelitian ini menggunakan angket (kuesioner), peneliti
membuat 10 pertanyaan untuk masing masing variabel X dan Y. berdasarkan hasil
ujicoba yang diperoleh realibilitas terdapat pengaruh metode index card match
terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 18 Kota Tangerang. Koefisien korelasi
sebesar 0,44 dan koefisien determinasi yaitu sebesar 19,36% yang menunjukan
bahwa taraf sedang. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh
thitung 4.0674 ≥ ttabel 166.757. dengan demikian Hᴏ: Metode Pembelajaran Index card
match tidak memiliki Pengaruh Terhadap hasil belajar Peserta didik Kelas VII di
SMPN 18 Kota Tangerang. Ha: Metode pembelajaran index card match memiliki
Pengaruh Terhadap hasil belajar Peserta didik Kelas VII di SMPN 18 Kota
Tangerang. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, maka terdapat pengaruh
metode Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ahmad Fadillah Zulfikar 1803020056 |
Pengarang |
Ahmad Fadillah Zulfikar - Personal Name IRAWAN - Personal Name Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name Karmawan - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2205601 AHM p |
Subyek |
Agama Islam Pendidikan Peserta
|
Klasifikasi |
AI2205601 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
viii+ 96 hlm.; 28 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Irawan 0417068703 / Pembimbing 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0411078204 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Nur Halimah 0412029003 |